PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH I TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2008 / 2009
Elly Kusumawati , 4301403049 (2009) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH I TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2008 / 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH I TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2008 / 2009)
- Published Version
Download (389kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe TGT merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut siswa untuk lebih aktif, kritis dalam menyelesaikan masalah, lebih bertanggung jawab.Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alasan yang mendasari penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang belum memenuhi ketuntasan klasikal, kurangnnya rasa saling membantu antarsiswa dalam memahami materi pelajaran secara bersama-sama, dan juga meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran kimia. Peneliti mencoba menggunakan pembelajaran kooperstif tipe TGT sebagai upaya penyelesaian masalah tersebut. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhamadiyah 1 Temanggung dengan jumlah 32 siswa. Data diambil dengan mengunakan tes dan lembar observasi. Untuk memperoleh data hasil belajar Kimia diadakan evaluasi pada akhir pertemuan tiap siklus. Selain itu juga diambil data tentang kinerja guru selama pembelajaran berlangsung, kinerja siswa (lembar psikomotorik), serta aktifitas siswa (lembar afektif). Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila nilai rata-rata kelas ≥ 61 dengan prosentase ketuntasan klasikal sebesar ≥ 80%. Hasil belajar Kimia siswa pokok bahasan Ikatan Kimia sebelum diterapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT mempunyai rata-rata 62,68 dengan ketuntasan klasikal 56,25%. Nilai rata-rata siklus I 63,50 dengan ketuntasan klasikal 62,50%, nilai rata-rata siklus II 64,50 dengan ketuntasan klasikal 68,75% dan nilai rata-rata siklus III 70,00 dengan ketuntasan klasikal 81,25%. Hasil belajar yang dicapai dari tiap siklus menujukan adanya peningkatan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Game Tournament |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 10 May 2011 00:58 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2315 |
Actions (login required)
View Item |