PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TEMA FOTOSINTESIS UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KERJA ILMIAH SISWA SMP


Maya Ektryana Waluyo, 4001410031 (2014) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TEMA FOTOSINTESIS UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KERJA ILMIAH SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TEMA FOTOSINTESIS UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KERJA ILMIAH SISWA SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TEMA FOTOSINTESIS UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KERJA ILMIAH SISWA SMP) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA kurikulum 2013 melatih siswa untuk belajar secara mandiri dan kreatif. Penilaian dalam kurikulum 2013 yaitu aspek kognitif, sikap dan keterampilan. Hasil obervasi di SMP Negeri 6 Magelang bahwa belum adanya penggunaan panduan praktikum untuk setiap tema. Bahan ajar yang mendukung kegiatan praktikum dan meningkatkan aspek keterampilan adalah panduan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan praktikum untuk menumbuhkan keterampilan kerja ilmiah siswa yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA terpadu pada tema fotosintesis. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D). Proses penelitian dan pengembangan panduan praktikum dimulai dengan desain kemudian validasi pakar. Rerata hasil validasi oleh pakar mencapai skor 3,65 untuk validasi materi dan tampilan. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Magelang. Hasil penelitian keterampilan kerja ilmiah siswa oleh observer mencapai kriteria tinggi. Jika menurut penilaian kurikulum 2013 mendapat predikat baik. Hasil belajar siswa, yaitu pretest memperoleh ketuntasan 0% dan hasil posttest memperoleh ketuntasan sebesar 77,27%. Rata-rata nilai posttest kelas mendapat predikat B (3,01). Hasil belajar kemudian dianalisis dengan uji gain yaitu sebesar 0,42 termasuk dalam kriteria sedang. Sesuai hasil penelitian disimpulkan panduan praktikum IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing tema fotosintesis layak dan mampu menumbuhkan keterampilan kerja ilmiah siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: panduan praktikum, inkuiri terbimbing, keterampilan kerja ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Jan 2016 10:17
Last Modified: 26 Jan 2016 10:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23146

Actions (login required)

View Item View Item