PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TEMA GERAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA


Sujiono , 4001410008 (2014) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TEMA GERAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TEMA GERAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TEMA GERAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA terpadu sudah mulai diaplikasikan di SMP/MTs, tetapi belum semua sekolah menerapkan hal tersebut. Pengembangan modul IPA Terpadu berbasis PBL dengan tema Gerak dapat membantu sebagai suplemen sumber belajar IPA terpadu.Penelitianbertujuan untuk mengetahui kelayakan modul IPA terpadu berbasis PBL pada tema Gerak yang dikembangkan dan keefektifan modul yang dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.Metode yang diterapkan Research and Development (R&D).Uji coba produk dilakukan di MTs Sudirman Kawengen Kabupaten Semarang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian modul IPA terpadu berbasis PBL oleh pakar memperoleh rata-rata skor 3,6 dengan kriteria layak. Pada uji coba skala kecil, modul yang dikembangkan mendapat rata-rata persentase skor 82% dengan respon sangat baik oleh siswa. Hasil uji coba skala besar menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran mendapat rata-rata persentase skor 88,96% dari siswa dan guru 94,79% dengan respon sangat baik oleh guru dan siswa.Keefektifan modul dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh rata-rata skor 0,6 dengan kriteria sedang. Hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 80,34 dengan ketuntasan klasikal kelas 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul IPA terpadu berbasis PBL tema Gerak layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran kelas VIII di MTs Sudirman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, IPA Terpadu, Berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Jan 2016 10:10
Last Modified: 26 Jan 2016 10:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23144

Actions (login required)

View Item View Item