PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ILMIAH BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER JUJUR DAN PEMECAHAN MASALAH BAGI SISWA SMP


Feri Zakaria , 4101410077 (2014) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ILMIAH BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER JUJUR DAN PEMECAHAN MASALAH BAGI SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ILMIAH BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER JUJUR DAN PEMECAHAN MASALAH BAGI SISWA SMP]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ILMIAH BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER JUJUR DAN PEMECAHAN MASALAH BAGI SISWA SMP) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pembelajaran matematika antara lain, kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah di Indonesia yang masih rendah, serta pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika juga belum maksimal. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan ilmiah berbantuan LKPD. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan ilmiah berbantuan LKPD dapat mencapai kriteria ketuntasan belajar klasikal; (2) mengetahui pembelajaran matematika dengan pendekatan ilmiah berbantuan LKPD dapat meningkatan karakter jujur peserta didik dan (3) mengetahui pembelajaran matematika dengan pendekatan ilmiah berbantuan LKPD dapat meningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jati Kudus. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, dengan teknik tersebut diperoleh kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan ikmiah berbantuan LKPD dan kelas VIIF sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pendekatan ilmiah.. Hasil perhitungan data penelitian menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen mencapai kriteria ketuntasan klasikal dengan persentase sebesar 80,5%. Hasil uji beda rata-rata karakter jujur dan keterampilan pemecahan masalah menunjukkan bahwa terdapat peningkatan karakter jujur peserta didik dan terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik di kelas eksperimen Berdasarkan kriteria gain ternormalisasi, karakter jujur meningkat dalam kriteria sedang sebesar 0,3 dan keterampilan pemecahan masalah meningkat dalam kriteria sedang sebesar 0,6. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan ilmiah berbantuan LKPD mencapai kriteria ketuntasan, dapat meningkatkan karakter jujur dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Peneliti menyarankan pendekatan ilmiah berbantuan LKPD dapat digunakan sebagai salah satu implementasi kurikulum 2013 dalam mengajar dan sebagai salah satu pembelajaran alternatif untuk meningkatkan karakter jujur dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter Jujur, Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Pemecahan Masalah, LKPD, Pendekatan Ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Jan 2016 11:59
Last Modified: 25 Jan 2016 11:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23111

Actions (login required)

View Item View Item