PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SETS TEMA PENCEMARAN LIMBAH CAIR PABRIK GULA


Wahyu Putri Lestari , 4401410012 (2014) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SETS TEMA PENCEMARAN LIMBAH CAIR PABRIK GULA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SETS TEMA PENCEMARAN LIMBAH CAIR PABRIK GULA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SETS TEMA PENCEMARAN LIMBAH CAIR PABRIK GULA) - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Pencemaran limbah cair pabrik gula merupakan gejala biologi yang menuntut pemahaman integratif siswa terhadap aspek sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat yang secara timbal balik sebagai suatu bentuk keterkaitan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran yang mengoptimasi kemampuan inegratif siswa tehadap aspek Scince, Environment, Technology, dan Society dan menguji pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa materi pencemaran kelas X SMA. Penelitian ini mengikuti langkah penelitian pengembangan yaitu menganalisis kebutuhan pengembangan model pembelajaran biologi berbasis SETS; mengembangkan model pembelajaran berbasis SETS; dan menguji pengaruh model pembelajaran berbasis SETS terhadap hasil belajar. Penelitian dilakukan di kelas X Mathematis Scince SMA Negeri 2 Sragen pada semester genap 2013/2014. Uji pengaruh pengembangan model pembelajaran terhadap hasil belajar menggunakan pretest-posttest nonequivalent control group design. Sampel diambil menggunakan teknik convenience sampling, dengan kelas X MS 2 sebagai kelompok kontrol dan kelas X MS 4 sebagai kelompokeksperimen. Data hasil belajar berupa skor post test, skor afektif, skor psikomotorik, dan skor penugasan. Data-data tersebut dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran biologi berbasis SETS perlu dikembangkan; model pembelajaran berbasis SETS layak digunakan dengan skor validasi 87,45%; dan uji T menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol (thitung > ttabel). Uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa penerapan model SETS bberpengaruh terhadap hasil belajar siswa, yaitu skor post-test (nilai sig.<0.005: Square (R2) 0,37%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, SETS, pencemaran limbah cair pabrik gula, hasil belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2016 11:41
Last Modified: 22 Jan 2016 11:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23073

Actions (login required)

View Item View Item