PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN METODE SQ3R PADA PESERTA DIDIK KELAS VII H SMP NEGERI 16 SEMARANG
Fita Setiowati , 2101411111 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN METODE SQ3R PADA PESERTA DIDIK KELAS VII H SMP NEGERI 16 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan diketahui bahwa keterampilan menceritakan kembali cerita anak peserta didik kelas VII H SMP Negeri 16 Semarang masih kurang. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap inti cerita. Selain itu, peserta didik juga cenderung menggunakan diksi yang sama dengan diksi dalam cerita aslinya dengan menghafal kalimat per kalimat. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengkaji tiga permasalahan yaitu (1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan menceritakan kembali cerita anak pada peserta didik kelas VII H SMP Negeri 16 Semarang setelah mengikuti pembelajaran menceritakan kembali cerita anak bermuatan pendidikan karakter dengan metode SQ3R, (2) bagaimana peningkatan keterampilan menceritakan kembali cerita anak peserta didik kelas VII H SMP Negeri 16 Semarang setelah mengikuti pembelajaran menceritakan kembali cerita anak bermuatan pendidikan karakter dengan metode SQ3R, dan (3) bagaimana perubahan perilaku peserta didik kelas VII H SMP Negeri 16 Semarang dalam mengikuti pembelajaran menceritakan kembali cerita anak bermuatan pendidikan karakter dengan metode SQ3R. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menceritakan kembali cerita anak bermuatan pendidikan karakter dengan metode SQ3R peserta didik kelas VII H SMP Negeri 16 Semarang, (2) mendeskripsikan kemampuan menceritakan kembali cerita anak bermuatan pendidikan karakter yang dibaca peserta didik kelas VII H SMP Negeri 16 Semarang setelah mengikuti pembelajaran menceritakan kembali cerita anak dengan metode SQ3R, dan (3) mendeskripsikan perubahan perilaku peserta didik kelas VII H SMP Negeri 16 Semarang dalam mengikuti pembelajaran menceritakan kembali cerita anak dengan metode SQ3R. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu siklus I, dan siklus II dengan subjek penelitian keterampilan menceritakan kembali cerita anak pada peserta didik kelas VII H SMP Negeri 16 Semarang yang berjumlah 32 anak. Variabel penelitian dibagi menjadi dua yaitu variabel keterampilan menceritakan kembali cerita anak bermuatan pendidikan karakter dan variabel penggunaan metode SQ3R. Instrumen penelitian berupa instrumen tes dan instrumen nontes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Proses pembelajaran menceritakan kembali cerita anak bermuatan pendidikan karakter dengan metode SQ3R pada peserta didik kelas VII H SMP Negeri 16 Semarang mengalami perubahan yang cukup baik. Pada siklus I dan siklus II proses pembelajaran berjalan cukup baik, dari kegiatan pendahuluan hingga penutup sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun peneliti. Suasana kelas pada saat pembelajaran menceritakan kembali cerita anak secara tertulis berjalan lebih kondusif, baik, dan lancar. Sudah banyak peserta didik yang antusias memperhatikan dan memberi respon, menunjukkan sikap aktif, berpartisipasi dalam diskusi kelompok, dan menunjukkan rasa percaya diri dalam mempresentasikan hasil diskusi. Nilai rata-rata peserta didik pada siklus I sebesar 70,85 masuk dalam kategori cukup. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai yang mencapai batas ketuntasan dengan rata-rata sebesar 80,78 dan masuk dalam ketegori baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,93. Pemerolehan hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran menceritakan kembali cerita anak bermuatan pendidikan karakter dengan metode SQ3R pada peserta didik kelas VII H SMP Negeri 16 Semarang dapat dikatakan berhasil. Setelah peserta didik menggunakan metode SQ3R dengan cerita anak bermuatan pendidikan karakter untuk menceritakan kembali cerita anak terjadi perubahan perilaku peserta didik. Pada siklus I menunjukkan perubahan perilaku yang belum maksimal. Terdapat beberapa peserta didik yang belum siap mengikuti proses pembelajaran. Sebagian besar dari mereka belum memberikan respon dengan cara terlibat aktif dalam kegiatan tanya jawab dengan guru. Peserta didik juga cenderung memilih diam saat guru menanyakan kejelasan materi yang telah diberikan. Pada saat kegiatan diskusi kelompok berlangsung, masih terdapat peserta didik yang tidak ikut berpartisipasi memberikan pendapatnya. Kemudian saat mengerjakan tes menceritakan kembali secara individu, masih terdapat peserta didik yang menanyakan jawaban kepada temannya. Sedangkan pada siklus II terjadi perubahan perilaku ke arah yang positif. Peserta didik tampak lebih antusias dan aktif dalam proses pembelajaran. Semakin banyak peserta didik yang berpartisipasi terhadap kegiatan tanya jawab dengan guru maupun berpendapat dalam kegiatan diskusi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru agar metode SQ3R dengan cerita anak bermuatan pendidikan karakter dapat dijadikan alternatif untuk mengajarkan materi menceritakan kembali cerita anak, maupun materi-materi lain yang serupa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menceritakan kembali cerita anak secara tertulis, metode SQ3R, muatan pendidikan karakter |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 23382 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 11:41 |
Last Modified: | 22 Jan 2016 11:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23072 |
Actions (login required)
View Item |