IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ALAM UNGARAN KABUPATEN SEMARANG


Cecep Yudistira , 4401408114 (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ALAM UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER  PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ALAM UNGARAN KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ALAM UNGARAN KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Karakter peduli lingkungan dideskripsikan sebagai sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan lingkungan alam dan mengembangkan upaya-upaya memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Sekolah Alam Ungaran (SAUNG)dapat menawarkan sebuah model implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SAUNG. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi partisipatif dan dokumentasi. Validitas data penelitian menggunakan metode triangulasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kecukupan data dalam penelitian ini meliputi: kepala sekolah, guru, orang tua peserta didik dan peserta didik. Hasil penelitian meliputi: (1) Keterlibatan orang tua dan guru dalam kegiatan SAUNG dapat memberi teladan yang baik kepada siswa dan kebijakan program kebersihan akan menanam rasa cinta lingkungan; (2) Konsep alam sebagai sumber dan tempat belajar mengembangkan kepekaan dan kepedulian siswa terhadap berbagai kondisi lingkungan alam; (3)Pembelajaran outdoor dapat memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter siswa, seperti: tanggung jawab, bekerja sama, tenggang rasa, menghormati orang lain, belajar bersosialisasi dan peduli terhadap lingkungannya (4) Sarana dan prasarana yang lengkap di SAUNG mendukung dalam mendidik dan mengajarkan siswa untuk peduli lingkungan. Kesimpulanpenelitian bahwa SAUNG telahmengimplementasikan pendidikan karakter peduli lingkungan dengan adanya kebijakan, konsep dan pelaksanaan pembelajaran yang berbasis alam, adanya program peduli lingkungan dan tersedianya sarana dan prasarana pendukung untuk implementasi peduli lingkungan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, peduli lingkungan, Sekolah Alam
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2016 11:35
Last Modified: 22 Jan 2016 11:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23071

Actions (login required)

View Item View Item