HUBUNGAN INTERAKSI INTERPERSONAL GURU BIOLOGI DAN SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA
Rini Susanti , 4401407037 (2014) HUBUNGAN INTERAKSI INTERPERSONAL GURU BIOLOGI DAN SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN INTERAKSI INTERPERSONAL GURU BIOLOGI DAN SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran di dalam kelas pada hakikatnya merupakan komunikasi antara guru dan siswa. Komunikasi dalam proses belajar-mengajar bisa diistilahkan sebagai interaksi belajar-mengajar. Interaksi antara pengajar dan siswa diharapkan merupakan proses motivasi. Maksudnya, bagaimana dalam proses interaksi itu pihak pengajar mampu memberikan dan mengembangkan motivasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan interaksi interpersonal guru Biologi dan siswa dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang digunakan untuk meneliti bagaimana hubungan antara variabel bebas (interaksi interpersonal guru Biologi dan siswa) dengan variabel terikat (motivasi belajar siswa). Subjek penelitian adalah guru biologi dan siswa kelas X IPA. Penentuan sampel adalah dengan teknik purposive sampling. Jumlah subjek penelitian terdiri dari 154 siswa dan 3 guru Biologi. Data terdiri dari interaksi interpersonal guru Biologi dan siswa dan motivasi belajar siswa. Data interaksi interpersonal diperoleh melalui angket QTI dan data motivasi belajar siswa diperoleh melalui angket motivasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus r corelation Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara interaksi interpersonal guru Biologi dan siswa dengan motivasi belajar siswa Hasil analisis data dengan r corelation menunjukkan bahwa indeks korelasi antara interaksi interpersonal guru dan siswa dengan motivasi belajar siswa adalah 0,359. Sedangkan r tabel taraf signifikansi 5% dengan N = 154 menunjukkan nilai 0,159. Sehingga diperoleh r hitung > r tabel, hal ini berarti antara kedua variabel terdapat nilai hubungan dengan arah positif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara interaksi interpersonal guru dan siswa dengan motivasi belajar siswa dengan arah positif yang ditunjukkan dengan derajat korelasi sebesar 0,359. Interaksi interpersonal guru Biologi dan siswa berhubungan dengan motivasi belajar siswa, maka disarankan guru mengetahui bagaimana cara pandangan siswa terhadap interaksinya dengan guru dan mengevaluasi serta mengambil sikap supaya dapat memberi motivasi dengan lebih baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | interaksi interpersonal, guru dan siswa, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 11:17 |
Last Modified: | 22 Jan 2016 11:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23066 |
Actions (login required)
View Item |