PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT,SATISFACTION) DENGAN MEDIA KARTU PANTUN PADA KELAS VII F SMP N 24 SEMARANG


Arifatul Latifah, 2101411035 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT,SATISFACTION) DENGAN MEDIA KARTU PANTUN PADA KELAS VII F SMP N 24 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411035.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP sampai saat ini masih belum mencapai hasil optimal terutama pada keterampilan menulis. Demikian pula, di SMP Negeri 24 Semarang ditemui beberapa permasalahan dalam pembelajaran menulis, khususnya dalam penelitian ini yaitu kompetensi menulis pantun. Keterampilan menulis pantun tidak dapat dilakukan siswa secara tiba-tiba akan tetapi harus melalui proses pembelajaran dan melalui proses berlatih. Keterampilan menulis pantun tentu akan meningkat seiring dengan pembinaan yang tepat dan terencana. Berdasarkan penelitian awal yang telah dilakukan, diketahui bahwa rata-rata keterampilan menulis kelas VII F SMP Negeri 24 Semarang masih relatif rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa masalah antara lain (1) siswa kurang memahami materi pantun; (2) kurangnya siswa dalam praktik menulis pantun sehingga siswa kurang percaya diri dalam menulis; 3) siswa belum dapat menuangkan ide atau gagasan dalam menulis pantun. Penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dengan media kartu pantun merupakan salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan siswa dalam keterampilan menulis pantun. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan menulis pantun menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dengan media kartu pantun pada siswa kelas VII F SMP Negeri 24 Semarang; (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis pantun menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dengan media kartu pantun pada siswa kelas VII F SMP Negeri 24 Semarang; (3) bagaimanakah perubahan perilaku belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 24 Semarang dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menulis pantun menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dengan media kartu pantun. Tujuan penelitian ini sebagai berikut (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis pantun menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dengan media kartu pantun pada siswa kelas VII F SMP Negeri 24 Semarang; (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis pantun menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dengan media kartu pantun pada siswa kelas VII F SMP Negeri 24 Semarang; (3) mendeskripsikan perubahan perilaku belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 24 Semarang dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menulis pantun menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dengan media kartu pantun. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun pada siswa kelas VII F SMP Negeri 24 Semarang yang berjumlah 31 siswa. Variabel yang diungkap dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis pantun menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dengan media kartu pantun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, jurnal, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Proses pembelajaran menulis pantun siswa kelas VII F SMP Negeri Semarang menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction)yaitu, (1) keantusiasan siswa dalam proses pembelajaran menulis pantun; (2) kekondusifan siswa dalam menulis pantun; (3) keaktifan siswa dalam memaparkan hasil diskusi menulis pantun; (4) kereflektifan suasana saat kegiatan refleksi pada akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis pantun siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dengan media kartu pantun telah mencapai hasil yang baik. Hasil tes menulis cerpen pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 78,25. Setelah dilakukan tindakan siklus II diperoleh nilai rata-rata 85,83 mengalami peningkatan sebesar 7,58. Hasil tes tersebut menunjukkan bahwa kemampuan menulis pantun siswa telah mencapai hasil yang baik dan mencapai etuntasan belajar. Hasil analisis data nontes juga menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa. Siswa merespon positif terhadap pembelajaran menulis pantun menggunakan menggunakan pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dengan media kartu pantun yang mencakup keantusiasan siswa saat mendengarkan penjelasan dari guru, keaktifan siswa dalam merespon, bertanya, dan menjawab saat pembelajaran, tanggungjawab siswa terhadap tugas yang diberikan oleh guru serta keberanian dan kepercayaan diri siswa dalam menulis pantun. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan keterampilan menulis pantun menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dengan media kartu pantun, peneliti memberi saran (1) pembelajaran menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dengan media kartu pantun dapat dijadikan alternatif pembelajaran sebagaimana yang ditunjukan dari hasil penelitian ini yang terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam menulis pantun dan perubahan perilaku siswa ke arah positif, (2) penelitian menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dengan media kartu pantun diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian selanjutnya yang terkait dengan penelitian menulis pantun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis pantun, model pembelajaran arias (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction), media kartu pantun
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 11:24
Last Modified: 22 Jan 2016 11:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23064

Actions (login required)

View Item View Item