PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA SMP


Gayuh Bayu Alsaputra , 4201411096 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA SMP]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA SMP) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika siswa kelas VIII SMP N 4 Batang yang selama ini masih cenderung memaksimalkan peran guru dan kurang memaksimalkan peran serta keterlibatan siswa. Hal ini diakibatkan karena guru jarang menggunakan diskusi kelompok sehingga interaksi dan kerjasama antar siswa rendah yang menyebabkan hasil belajar siswa belum maksimal. Untuk memecahkan permasalahan agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan kerjasama siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif yang dapat melibatkan peran aktif dari siswa. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang diterapkan adalah tipe Group Investigation. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui apakah model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) mengetahui apakah model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kerjasama siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Batang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan control group pretest posttest design. Dengan teknik purposive sampling terpilih sampel yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran menggunakan metode diskusi. Hasil belajar siswa berdasarkan pretest dan posttest untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 0.47 dan 0.32 dengan kategori N-Gain sedang. Sedangkan kerjasama belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai sebesar 0.31 dan 0.29 dengan kategori N-Gain sedang dan rendah. Hasil penelitian ini adalah: (1) model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan nilai posttest lebih baik daripada pembelajaran dengan metode diskusi; (2) model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan kerjasama siswa dengan nilai rata-rata kerjasama belajar siswa sesudah perlakuan lebih baik daripada pembelajaran dengan metode diskusi. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar dan kerjasama belajar siswa. Saran yang diberikan peneliti yaitu: (1) pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat digunakan sebagai inovasi pembelajaran bagi guru IPA di SMP Negeri 4 Batang pada materi pemantulan cahaya untuk meningkatkan hasil belajar dan kerjasama siswa kelas VIII; (2) perlu dilakukan penelitian untuk pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation agar dapat dikembangkan untuk materi yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Hasil Belajar, Kerjasama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 Jan 2016 13:40
Last Modified: 21 Jan 2016 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23048

Actions (login required)

View Item View Item