PENGEMBANGAN LKS FISIKA MATERI PEMANTULAN DAN PEMBIASAN CAHAYA TERINTEGRASI KARAKTER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK


Dwi Ristiyani, 4201410013 (2014) PENGEMBANGAN LKS FISIKA MATERI PEMANTULAN DAN PEMBIASAN CAHAYA TERINTEGRASI KARAKTER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LKS FISIKA MATERI PEMANTULAN DAN PEMBIASAN CAHAYA TERINTEGRASI KARAKTER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LKS FISIKA MATERI PEMANTULAN DAN PEMBIASAN CAHAYA TERINTEGRASI KARAKTER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 untuk jenjang SMA dilaksanakan menggunakan pendekatan saintifik. Tahapan-tahapan pendekatan saintifik meliputi mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta. Menurut Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang standar isi pendidikan dasar dan menengah, salah satu tujuan mata pelajaran fisika pada jenjang SMA adalah peserta didik diharapkan dapat mengembangkan sikap rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, logis, kritis, analitis, dan kreatif. Agar tujuan tercapai, maka dipilih panduan pembelajaran berupa Lembar Kerja Siswa (LKS). Salah satu materi yang diberikan pada siswa kelas X SMA adalah pemantulan dan pembiasan cahaya. Kementerian Pendidikan Nasional telah melakukan program pencanangan pendidikan karakter secara nasional pada tanggal 2 Mei 2010. Proses pengembangan nilai karakter dilakukan melalui semua mata pelajaran, tak terkecuali fisika. Penelitian ini menghasilkan produk berupa LKS fisika materi pemantulan dan pembiasan cahaya terintegrasi karakter berpendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan LKS, mengetahui tingkat kelayakan dan keterbacaannya, mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif, serta mengetahui perkembangan karakter siswa. Karakter yang dikembangkan adalah jujur, disiplin, rasa ingin tahu, dan komunikatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R & D (Research and Development). Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design berbentuk nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Rembang. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIA. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol dan X MIA 6 sebagai kelas eksperimen. Prosedur penelitian meliputi: (1) pendahuluan, (2) rancangan, dan (3) pengembangan. LKS diuji kelayakan dan keterbacaan dengan menggunakan angket kelayakan serta tes rumpang. Data pemahaman konsep siswa fisika siswa diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Data perkembangan karakter siswa diperoleh melalui angket dan observasi. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa LKS sangat layak digunakan sebagai panduan pembelajaran fisika. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa LKS mudah dipahami. LKS dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Siswa yang mendapatkan pembelajaran berpanduan LKS mengalami peningkatan pemahaman konsep yang lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa LKS. LKS juga dapat mengembangkan karakter siswa, khususnya karakter jujur, disiplin, rasa ingin tahu, dan komunikatif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKS, karakter, pendekatan saintifik
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 Jan 2016 11:14
Last Modified: 21 Jan 2016 11:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23038

Actions (login required)

View Item View Item