MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR UNTUK SISWA KELAS X TKJ SMK N 1 WONOSOBO MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER


Agung Nugroho , 5302411186 (2015) MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR UNTUK SISWA KELAS X TKJ SMK N 1 WONOSOBO MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN  JARINGAN DASAR UNTUK SISWA KELAS X TKJ SMK N 1  WONOSOBO MENGGUNAKAN  CISCO PACKET TRACER]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR UNTUK SISWA KELAS X TKJ SMK N 1 WONOSOBO MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran jaringan dasar merupakan mata pelajaran produktif pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Dari hasil observasi, diperoleh bahwa nilai siswa kelas X TKJ SMK N 1 Wonosobo anggkatan 2013 dan 2014 pada pelajaran jaringan dasar masuk dalam kategori kurang. Masih dipakainya metode ceramah dalam pembelajaran menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Karena pembelajaran ceramah masih berpusat pada guru dan tidak dapat medorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Cara yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learing dengan Cisco Paket Tracer sebagai media pembelajaran. Penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X TKJ SMK N 1 Wonosobo tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t, uji normalized gain, dan uji pengaruh. Hasil uji t diperoleh harga thitung sebesar 3,187 dan ttabel sebesar 1,669. Jadi dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih dari nilai rata-rata kelas kontrol. Hasil uji normalized gain diperoleh nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,74 dan kelas kontrol sebesar 0,65. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji pengaruh diperoleh nilai koefisien korelasi biserial sebasar 0,65. Dapat disimpulkan bahwa Project Based Learning berpengaruh positif dan menunjukan ada pengaruh yang kuat terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning menggunakan Cisco Packet Tracer efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK N 1 Wonosbo pada mata pelajaran jaringan dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL), Cisco Packet Tracer, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 Jan 2016 10:18
Last Modified: 21 Jan 2016 10:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23030

Actions (login required)

View Item View Item