PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN UNTUK HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VII SMP N 1 BEKRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Gaus Setyawan Erdas , 5302411042 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN UNTUK HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VII SMP N 1 BEKRI TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN UNTUK HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VII SMP N 1 BEKRI TAHUN AJARAN 2015/2016]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN UNTUK HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VII SMP N 1 BEKRI TAHUN AJARAN 2015/2016) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi yang menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajarannya. Cara yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran GQGA dalam proses pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan model pembelajaran GQGA ini berdasarkan jurnal penelitian yang dilakukan oleh Arnetis, Kurniati Ilham dan Mariana Natalis yang menyatakan bahwa model pembelajaran GQGA mampu meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa . Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana model GQGA dalam meningkatan keaktifan untuk perbaikan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini menggunakan true experimental design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VII SMP N 1 Bekri tahun ajaran 2015/2016, sedangkan untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara simple random sampling dan diperoleh siswa kelas VII B (kelompok eksperimen), dan siswa kelas VII C (kelompok kontrol). Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan siswa dikelas eksperimen sebesar 50% - 100 % sehingga masuk dalam kategori tinggi dan sangat tinggi. Sedangkan Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 80,94 dengan uji Gain sebesar 0,29 . Kesimpulan yang di dapat secara keseluruhan bahwa pembelajaran menggunakan strategi GQGA mampu dalam meningkatkan keaktifan siswa untuk perbaikan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model GQGA, peningkatan hasil belajar, peningkatan keaktifan belajar siswa, true experimental design
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2016 10:16
Last Modified: 15 Jan 2016 10:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22969

Actions (login required)

View Item View Item