ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN BREBES TAHUN 2015


Aer Sondari , 6411411009 (2015) ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN BREBES TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN BREBES TAHUN 2015]
Preview
PDF (ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN BREBES TAHUN 2015) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

JKN adalah program untuk menjamin kesehatan masyarakat secara menyeluruh. Indikator keberhasilan JKN adalah kepuasan masyarakat yang dinilai dari pelayanan rumah sakit, tetapi setelah berjalan > 1 tahun kepuasan peserta cenderung rendah. Studi Pendahuluan di RSUD Kabupaten Brebes menyatakan bahwa pasien JKN merasa belum puas terhadap pelayanan rawat jalan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien peserta JKN terhadap pelayanan pasien rawat jalan di RSUD Kabupaten Brebes tahun 2015. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 70 pasien JKN yang diperoleh melalui random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner harapan pelayanan sebanyak 21 item (α>306) dan kuesioner pengalaman pelayanan sebanyak 21 item (α>306). Analisis yang dilakukan adalah univariat menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata tingkat kepuasan yaitu 91,3 % dimana tingkat kesesuaian dimensi reliability 88,8%, responsiveness 92,2%, assurance 92,7%, emphaty 93% dan tangible 90,1%. Berdasarkan analisis dengan diagram kartesius dimana dari 21 atribut, terdapat 5 item berada di kuadran I, 5 item di kuadran II, 6 item di kuadran III, dan 5 item di kuadran IV. Saran yang diberikan adalah mempertahankan dan meningkatkan kinerja dengan cara melakukan evaluasi secara rutin terhadap pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan, JKN, Rawat Jalan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2016 14:50
Last Modified: 13 Jan 2016 14:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22964

Actions (login required)

View Item View Item