PERANCANGAN ULANG LOGO DAN APLIKASINYA PADA IDENTITAS PERUSAHAAN WARUNG MAKAN METRO TEGAL


Rosalia Lovi Farina , 2411410028 (2015) PERANCANGAN ULANG LOGO DAN APLIKASINYA PADA IDENTITAS PERUSAHAAN WARUNG MAKAN METRO TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN ULANG LOGO DAN APLIKASINYA PADA IDENTITAS PERUSAHAAN WARUNG MAKAN METRO TEGAL]
Preview
PDF (PERANCANGAN ULANG LOGO DAN APLIKASINYA PADA IDENTITAS PERUSAHAAN WARUNG MAKAN METRO TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Warung makan Metro merupakan salah satu warung makan berkembang di kota Tegal. Warung makan ini berdiri sejak tahun 1979 dengan pemilik H. Mufrodi dan Hj. Syarifah (alm). Warung makan Metro pertama kali dibuka di salah satu kios Jl. Werkudoro No.56 Pasar Langon - Tegal. Pada tahun 2004 warung makan Metro telah membuka cabang di Jl. Sumbodro No.53 Slerok - Tegal. Di suatu titik sebuah perusahaan pasti akan mengalami perubahan, dan warung makan Metro telah banyak mengalami perubahan sejak awal berdiri hingga sekarang. Perubahan yang dialami warung makan Metro meliputi bertambahnya menu yang disajikan, penambahan jasa pemesanan katering untuk berbagai acara dan bertambahnya jumlah kios warung makan yang dimiliki. Dengan segala keunggulan dan perubahan yang dialami, warung makan Metro membutuhkan sebuah identitas perusahaan yang mencerminkan citra perusahaan ini. Untuk terciptanya hal tersebut maka perlu adanya usaha perancangan ulang pada logo warung makan ini. Logo warung makan Metro pada saat ini dianggap kurang estetis dan tidak memiliki ciri khas yang dapat membedakannya dengan produk sejenis lainnya. Proses perancangan ulang identitas perusahaan ini melalui tahap berkarya dengan urutan penentuan tujuan, obeservasi, analisis khalayak sasaran, pengembangan konsep, studi pustaka, proses pemotretan, sket alternatif desain, komputerisasi, konsultasi dosen pembimbing dan persetujuan klien, percetakan serta penyajian karya desain. Pemilihan media aplikasi identitas perusahaan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan anggaran biaya yang harus dikeluarkan perusahaan. Media yang dipilih dalam perancangan ini meliputi stationary set (kartu nama, nota, stempel dan bolpen), packaging, neon box, menu makanan, dress code, merchandise (kaos, piring, mangkok, gelas, jam dinding) dan box motor delivery. Melalui proyek studi ini telah dihasilkan rancangan ulang logo dan aplikasinya pada identitas perusahaan bagi warung makan Metro Tegal berupa logo, stationary set (kartu nama, nota, stempel dan bolpen), packaging, neon box, menu makanan, dress code, merchandise (kaos, piring, mangkok, gelas, jam dinding) dan box motor delivery. Diharapkan hal ini akan memberikan dampak positif dengan meluasnya segmentasi pasar, perusahaan semakin dikenal masyarakat, dan kepercayaan masyarakat kepada perusahaan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Ulang, Logo, Identitas Perusahaan, Warung Makan Metro Tegal
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NE Print media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2016 11:29
Last Modified: 11 Jan 2016 11:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22919

Actions (login required)

View Item View Item