PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 SEMARANG PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA


Benedicta Meiyastuti , 4401404511 (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 SEMARANG PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 SEMARANG PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 SEMARANG PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar Biologi cenderung berlangsung satu arah karena guru banyak mendominasi kegiatan belajar, materi yang diajarkan jarang dihubungkan dengan permasalahan kehidupan sehari-hari disekitar siswa. Guru mempunyai peranan penting dalam menciptakan kondisi pembelajaran yang dapat mendorong keaktifan siswa. Usaha untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif siswa membutuhkan kemampuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dan bervariasi agar siswa tidak merasa bosan. Salah satu model pembelajaran yang cocok adalah model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran PBI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang dalam materi Sistem Pencernaan pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 22 Semarang yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pada awal pembelajaran siswa diberikan pre test, kemudian pada akhir pembelajaran juga diberikan post test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran PBI dan kelas kontrol yang hanya menggunakan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, berdasarkan hasil analisis menunjukan ketuntasan belajar kelas eksperimen (92,5 %) lebih besar dibanding kelas kontrol (67,5 %). Keaktifan siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, hal ini dapat dilihat dari persentase keaktifan kelas eksperimen sebesar 90 % sedangkan keaktifan kelas kontrol sebesar 68 %. Penerapan model PBI dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran karena dalam proses pembelajarannya siswa dihadapkan kepada masalah kehidupan nyata sebagai sesuatu yang harus dipelajari dan sebagai salah satu cara untuk melatih serta meningkatkan ketrampilan berfikir kritis dan memecahkan masalah serta mendapat pengetahuan dan konsep penting. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil simpulan bahwa penerapan model PBI dalam pembelajaran materi Sistem Pencernaan Pada Manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai keefektifan penerapan model PBI dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Instruction, aktivitas siswa, peningkatan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 May 2011 02:21
Last Modified: 25 Apr 2015 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2287

Actions (login required)

View Item View Item