PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STRUCTURED NUMBERED HEADS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TAMBAKAJI 05 SEMARANG


RIZKI ISNA NOVIARINI, 1401411063 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STRUCTURED NUMBERED HEADS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TAMBAKAJI 05 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STRUCTURED NUMBERED HEADS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TAMBAKAJI 05 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STRUCTURED NUMBERED HEADS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TAMBAKAJI 05 SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang mempelajari tentang pembentukan manusia untuk menjadi warga negara yang berlandaskan pancasila serta mampu mengamalkan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan bermasyarakat. Berdasarkan pengamatan peneliti, diketahui bahwa guru belum memaksimalkan penggunaan model pembelajaran, pemanfaatan media dalam proses pembelajaran belum maksimal, serta aktivitas siswa yang masih pasif dalam kegiatan pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Hal ini ditunjukkan dari 41 siswa, 22 siswa belum mencapai KKM. Solusi dari kendala tersebut adalah dilaksanakannya Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model pembelajaran Structured Numbered Heads dengan media audio visual. Model pembelajaran kooperatif Structured Numbered Heads dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa, melatih tanggung jawab siswa, mengembangkan rasa saling memiliki dan kerja sama. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran Structured Numbered Heads dengan media audio visual pada siswa kelas V SDN Tambakaji 05 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Tambakaji 05 Semarang, sebanyak 41 siswa, terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Sumber data: guru, siswa, data dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes dan non tes, teknik anlisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru siklus I memperoleh skor 15 kriteria cukup, siklus II memperoleh skor 23 kriteria baik, siklus III memperoleh skor 27 kriteria sangat baik. Skor aktivitas siswa pada siklus I 2,01 kriteria baik, pada siklus II 2,51 kriteria baik, dan pada siklus III 3,01 kriteria baik. Sedangkan ratarata hasil belajar siklus I sebesar 65,37 dengan ketuntasan klasikal 58,54%, siklus II sebesar 70,61 dengan ketuntasan klasikal 78,05%, siklus III sebesar 77,07 dengan ketuntasan klasikal 87,80%. Simpulan hasil penelitian adalah model pembelajaran Structured Numbered Heads dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa inovasi dalam pembelajaran dengan penggunaan model serta media pembelajaran hendaknya diterapkn agar tercipta peningkatan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audio visual, kualitas pembelajaran, Structured Numbered Heads
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 33364 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 11:16
Last Modified: 12 Jan 2016 11:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22851

Actions (login required)

View Item View Item