PEMANFAATAN LABORATORIUM PANCASILA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 1 BANTUL


Dwi Agus Suryani , 3301411146 (2015) PEMANFAATAN LABORATORIUM PANCASILA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 1 BANTUL. Under Graduates thesis, Universitas negeri Semarang.

[thumbnail of 3301411146.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu unsur penting pembelajaran yang keberadaannya saat ini sudah berkembang dan mempunyai tempat tersendiri, bahkan di SMP Negeri 1 Bantul media pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah difasilitasi didalam sebuah laboratorium Pancasila. Walaupun dalam Lampiran Permendiknas Nomor 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar dan Menengah, tidak menyebutkan Laboratorium Pancasila sebagai sarana yang harus disediakan oleh jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), namun seiring dengan berkembangnya zaman di mana diterapkan sistem otonomi sekolah yaitu sekolah berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan sekolah menurut kebutuhan sekolah tersebut. Sekolah dapat menambah sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan sekolah tesebut, seperti halnya SMP Negeri 1 Bantul yang mendirikan Laboratorium Pancasila. Berdasarkan latar belakang diatas, permasalahan yang diambil adalah 1) bagaimanakah pemanfaatan laboratorium Panacasila sebagai media pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bantul, 2) nilai lebih pemanfaatan laboratorium Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bantul, 3) faktor yang menghambat pemanfaatan laboratorium Panacasila sebagai media pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bantul. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui: 1) untuk mengetahui pemanfaatan laboratorium Panacasila sebagai media pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bantul, 2) mengetahui nilai lebih pemanfaatan laboratorium Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bantul, 3) mengetahui faktor yang menghambat pemanfaatan laboratorium Panacasila sebagai media pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian adalah di SMP Negeri 1 Bantul. Fokus penelitiannya adalah 1) pemanfaatan laboratorium Panacasila sebagai media pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bantul, 2) nilai lebih pemanfaatan laboratorium Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bantul, 3) faktor yang menghambat pemanfaatan laboratorium Panacasila sebagai media pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bantul. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data kualitatif mengunakan teknik dari Miles dan Huberman. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran PPKn di dalam Laboratorium Pancasila, jenis-jenis media pembelajaran yang ada di dalam Laboratorium Pancasila, waktu pemanfaatan Laboratorium Pancasila, metode yang digunakan dalam pemanfaatan Laboratorium Pancasila, alasan memanfaatkan Laboratorium Pancasila, tata tertib Laboratorium Pancasila. Kapasitas Laboratorium Pancasila, efektifitas Laboratorium Pancasila, Fasilitas yang terdapat di dalam Laboratorium Pancasila, pemahaman siswa ketika pembalajaran PPKn dilakukan di dalam Laboratorium Pancasila. Hambatan yang dihadapi dalam pemanfaatan Laboratorium Pancasila sebagai media pembelajaran mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Bantul, meliputi: 1) hambatan Internal yaitu: a) pengelola Laboratorium Pancasila, b)materi, dan c) sistem pengelolaan Laboratorium Pancasila , 2) hambatan eksternal yaitu: a) guru, b) siswa, dan c) materi pembelajaran d) metode pembelajaran e) manajemen sekolah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Laboratorium Pancasila, Media Pembelajaran, Mata Pelajaran PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 12:42
Last Modified: 07 Jan 2016 12:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22849

Actions (login required)

View Item View Item