KEEFEKTIFAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BERMAIN ALAT MUSIK MELODIS DI SEKOLAH DASAR NEGERI TEMBOK LUWUNG 01 KABUPATEN TEGAL
Khuswatun Khasanah, 1401411044 (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BERMAIN ALAT MUSIK MELODIS DI SEKOLAH DASAR NEGERI TEMBOK LUWUNG 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BERMAIN ALAT MUSIK MELODIS DI SEKOLAH DASAR NEGERI TEMBOK LUWUNG 01 KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Strategi pembelajaran yang sering digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran SBK, khususnya pada bidang seni musik yaitu strategi ekspositori. Untuk materi yang bersifat praktik, guru hanya mengandalkan metode demonstrasi. Strategi yang digunakan guru belum cukup bervariasi. Dengan hanya mengandalkan strategi ekspositori disertai metode demonstrasi, siswa tidak terlibat aktif dan kurangnya kesempatan siswa mengulang materi. Dengan menerapkan strategi Practice Rehearsal Pairs, siswa diberi kesempatan untuk terlibat aktif dan banyak mengulang untuk menguatkan materi yang didapatnya. Pembelajaran seni musik yang menggunakan strategi ekspositori disertai metode demonstrasi tidak selalu dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa. Strategi Practice Rehearsal Pairs dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran. Strategi ini mengharuskan setiap siswa berpasangan untuk melakukan keterampilan secara bergantian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan strategi Practice Rehearsal Pairs dibandingkan dengan hanya strategi ekspositori disertai metode demonstrasi terhadap hasil belajar materi bermain alat musik melodis. Sampel penelitian yaitu sejumlah 58 siswa dengan pembagian, di kelas eksperimen berjumlah 29 siswa dan kelas kontrol juga sejumlah 29 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling (sampel acak). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Uji independent sample t test digunakan untuk menguji hipotesis pertama dan uji pihak dengan one sample t test untuk menguji hipotesis yang kedua. Hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel (2,047> 2,003), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen yang mendapat perlakuan strategi Practice Rehearsal Pairs dengan siswa kelas kontrol yang mendapat perlakuan strategi ekspositori disertai metode demonstrasi pada pembelajaran seni musik materi bermain alat musik melodis. Hasil uji keefektifan dengan uji pihak kanan menghasilkan thitung>ttabel (3,359>2,048), dengan demikian diperoleh keputusan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan pada penelitian ini bahwa strategi Practice Rehearsal Pairs efektif terhadap hasil belajar materi bermain alat musik melodis
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Musik Melodis, Hasil Belajar, Strategi Practice Rehearsal Pairs |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 33364 not found. |
Date Deposited: | 12 Jan 2016 11:10 |
Last Modified: | 12 Jan 2016 11:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22831 |
Actions (login required)
View Item |