PENERAPAN MODEL EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI TUMIYANG KABUPATEN BANYUMAS
Yuni Rahayu, 1401411031 (2015) PENERAPAN MODEL EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI TUMIYANG KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN MODEL EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI TUMIYANG KABUPATEN BANYUMAS)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kualitas pembelajaran IPS di SD Negeri Tumiyang Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2013/2014 masih rendah. Hal tersebut ditunjukkan dengan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Pembelajaran terpusat pada guru. Model dan metode yang digunakan kurang bervariasi. Akibatnya siswa cepat jenuh dan hasil belajar rendah. Perlu adanya penerapan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Salah satu model pembelajaran aktif yaitu model Everyone Is A Teacher Here. Penelitian ini menerapkan model Everyone Is A Teacher Here pada mata pelajaran IPS materi Peristiwa Sekitar Proklamasi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS materi Peristiwa Sekitar Proklamasi pada siswa kelas V SD Negeri Tumiyang. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri Tumiyang Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data yang dilakukan melalui pelaksanaan tes awal, formatif I dan II, serta pengamatan terhadap aktivitas belajar dan performansi guru selama pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes, angket, wawancara, lembar aktivitas, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu skor performansi guru minimal B, aktivitas belajar minimal 70%, dan rata-rata nilai hasil belajar kognitif minimal 70 dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 75%, serta rata-rata nilai hasil belajar afektif 2,33 dengan kategori B-. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata tes awal 53,5 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 10%. Siklus I, performansi guru 82,67 kategori AB, persentase aktivitas belajar siswa 71%, rata-rata hasil belajar 68,7 dengan ketuntasan belajar klasikalnya 55%, dan perolehan nilai rata-rata penilaian afektif 3,23 kategori B+. Siklus II, nilai performansi guru 90,42 dengan kategori A, aktivitas belajar 86,5%, rata-rata nilai hasil belajar kognitif 86 dengan ketuntasan belajar klasikal 100%. Nilai rata-rata penilaian afektif 3,51 dengan kategori A-. Disimpulkan model Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS materi Peristiwa Sekitar Proklamasi. Saran peneliti, guru hendaknya menerapkan model Everyone Is A Teaher Here.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 33364 not found. |
Date Deposited: | 12 Jan 2016 11:11 |
Last Modified: | 12 Jan 2016 11:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22814 |
Actions (login required)
View Item |