KEEFEKTIFAN METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PURWODADI
Muhammad Abdul Malik , 2101407042 (2014) KEEFEKTIFAN METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PURWODADI. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PURWODADI )
- Published Version
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran kooperatif memiliki karakterisik yang menitikberatkan pada keaktifan siswa dibanding peran guru dalam proses pembelajaran, sehingga pemahaman akan materi dan hasil ajar akan lebih baik dan optimal. Jenis metode kooperatif itu sendiri beraneka ragam. Adapun jenis metode pembelajaran kooperatif yang dikhususkan untuk pembelajaran menulis adalah metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Sementara metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) merupakan pembelajaraan kooperatif yang tidak hanya menekankan kerja sama kelompok, tetapi juga menekankan adannya bantuan individual. Untuk mengetahui keefektifan metode TAI dan metode CIRC, maka penelitian ini menerapkan keduanya pada pembelajaran menulis teks berita mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 5. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana keefektifan pembelajaran menulis teks berita dengan metode TAI pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Purwodadi? (2) Bagaimana keefektifan pembelajaran menulis teks berita dengan metode CIRC pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Purwodadi?, dan (3) Adakah perbedaan tingkat keefektifan antara pembelajaran menulis teks berita menggunakan metode TAI dan metode CIRC? Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi keefektifan penerapan metode TAI dan metode CIRC dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Purwodadi Kabupaten Grobogan, serta mendeskripsikan manakah di antara kedua metode tersebut yang paling efektif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Purwodadi Kabupaten Grobogan menggunakan metode eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol tes awal-tes akhir beracak (the randomized pretest-postest control group design). Kelas VIII A dipilih sebagai kelompok eksperimen satu yang mendapat perlakuan menggunakan metode pembelajaran TAI, sedangkan kelas VIII C dipilih sebagai kelompok eksperimen dua yang mendapat perlakuan menggunakan metode pembelajaran CIRC. Pada prinsipnya, terdapat tiga kegiatan inti dalam penelitian ini, yaitu tes awal (pretest), pemberian perlakuan (treatment), dan tes akhir (posttest). Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan nontes. Instrumen tes berupa soal proyek untuk menulis teks berita dan instrumen nontes berupa dokumentasi. Hasil Uji t kelompok TAI menunjukkan perbedaan kondisi akhir pada kelompok TAI, yaitu skor tes akhir lebih baik dari pada skor tes awal karena didapatkan ttabel = 2.00 (dengan taraf signifikansi 5%) dan thitung = -6.168 berada di daerah penolakan Ho. Hasil Uji t kelompok CIRC menunjukkan perbedaan kondisi akhir pada kelompok CIRC, yaitu skor tes akhir lebih baik dari pada skor tes awal karena didapatkan ttabel = 2.00 (dengan taraf signifikansi 5%) dan thitung=3.338 berada di daerah penolakan Ho. Sementara hasil Uji t data posttest kelompok TAI dan CIRC (dengan taraf signifikansi 5%) diperoleh ttabel = 2.00 dan thitung = 2.119 berada di daerah penolakan Ho. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan terdapat perbedaan kondisi akhir data posttest kelompok TAI dan kelompok CIRC, yaitu kemampuan kelompok TAI lebih baik dibanding kelompok CIRC. Simpulan akhir penelitian ini adalah penerapan metode TAI lebih efekif dibanding penerapan metode CIRC dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Purwodadi. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan (1) hendaknya guru bahasa Indonesia menggunakan metode pembelajaran TAI, khususnya dalam pembelajaran menulis teks berita karena sudah diuji keefektifannya dibandingkan dengan metode pembelajaran CIRC, dan (2) peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk meningkatkan kemampuan menulis, khususnya dalam menulis teks berita.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran menulis berita, TAI, CIRC. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 1777 not found. |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 13:00 |
Last Modified: | 07 Jan 2016 13:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22813 |
Actions (login required)
View Item |