NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SMA


Fiqi Haffaf Muzahit , 2101407018 (2014) NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA  BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER  SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SMA ]
Preview
PDF (NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SMA ) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata menceritakan persahabatan ketiga tokohnya, Ikal, Arai, dan Jimbron yang bermimpi bersekolah ke luar negeri. Mimpi bersekolah ke luar negeri mereka capai dengan kerja keras dan kemandirian. Kerja keras mereka cerminkan lewat bekerja sambil sekolah bahkan sampai di bangku kuliah. Kekuatan mimpi akhirnya membuat Ikal dan Arai mampu bersekolah ke luar negeri, di Universitas Sorbonne, Paris, Perancis. Permasalahan yang muncul adalah (1) unsur pembangun prosa fiksi dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA, (2) nilai-nilai kehidupan dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata, (3) kesesuaian novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata sebagai alternatif bahan ajar sastra yang baik di SMA. Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsi unsur pembangun prosa fiksi dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA, (2) mendeskripsi nilai-nilai kehidupan dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata, (3) mendeskripsi kesesuaian novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dapat dijadikan alternatif bahan ajar sastra yang baik di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata, diterbitkan oleh Penerbit Bentang Pustaka, April tahun 2012, cetakan ketiga. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi. Menggunakan metode analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter dapat menjadi alternatif bahan ajar sastra di SMA berdasar unsur pembangun prosa fiksi. Unsur pembangun meliputi kevalidan bentuk dan kevalidan isi. (2) Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata berisi nilai religius, nilai moral, dan nilai sosial. (3) Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dapat dijadikan alternatif bahan ajar sastra yang baik di SMA berdasarkan aspek kesesuaian. Aspek kesesuaian meliputi: bahasa, psikologi, rasa ingin tahu, dan mengembangkan imajinasi. Berdasarkan hasil penelitian, novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata yang bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter dapat dijadikan alternatif bahan ajar sastra di SMA. Diharapkan hasil analisis ini dapat dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran apresiasi sastra di SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, pendidikan karakter, dan novel
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 1777 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 13:00
Last Modified: 07 Jan 2016 13:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22809

Actions (login required)

View Item View Item