Survey Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa se Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2009


Wisnu Henry Wijaya, 6101404517 (2009) Survey Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa se Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Survey Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa se Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2009]
Preview
PDF (Survey Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa se Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2009) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kesegaran jasmani siswa pendidikan dasar Resimen Mahasiswa tahun 2009. sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani siswa Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa Tahun 2009. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan teknis tes tingkat kesegaran jasmani. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pendidikan dasar resimen mahasiswa tahun 2009 sebanyak 300 orang, tetapi yang mengikuti tes sebanyak 299. hal ini karena satu siswa ijin pulang karena ada salah satu anggota keluarga yang meninggal dunia. Variabel penelitian adalah tingkat kesegaran jasmani siswa pendidikan dasar resimen mahasiswa tahun 2009. Dalam penelitian ini tes yang digunakan adalah tes ACSPFT yang terdiri dari 7 macam tes, yakni (1) lari cepat 50 meter, (2) lompat jauh tanpa awalan, (3) bergantung angkat badan untuk putera dan bergantung siku tekuk untuk puteri, (4) lari hilir mudik 4 x 10 meter, (5) baring duduk 30 detik, (6) lentuk togok ke muka, (7) lari jauh. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa keadaan Tingkat Kesegaran Jasmani siswa Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa Tahun 2009 dapat dikatakan termasuk dalam katagori Baik. Dalam data yang didapat ada perbedaan antara persentase dengan jumlah rata-rata, apabila dalam persentase memang banyak siswa yang masuk dalam kriteria Sedang, tetapi untuk jumlah rata-rata menurut penjumlahan hasil dari nilai-T yang didapat maka diperoleh hasil bahwa rata-rata siswa Diksar termasuk dalam kriteria Baik. Hal ini terjadi karena jumlah dari nilai-T sebagian besar yang masuk kriteria Sedang mendekati jumlah nilai yang masuk dalam kriteria Baik. Sedangkan bila dilihat persentase memang banyak yang masuk dalam kriteria sedang hal ini terjadi karena dalam penilaian persentase lebih menitik beratkan pada jumlah siswa bukan pada jumlah nilai-T yang didapat. Tetapi bila dikaji lebih dalam dari 299 siswa Diksar yang masuk dalam katagori Baik Sekali ada 50 orang (17%), untuk katagori Baik ada 113 orang (38%), katagori sedang ada 121 orang (40%), katagori kurang ada 15 orang (5%). Sedangkan untuk siswa putri Baik Sekali ada 11 orang (13%), Baik ada 23 orang (28%), Sedang ada 48 orang (59%). Untuk siswa putra katagori Baik Sekali ada 39 orang (18%), Baik ada 90 orang (41%), Sedang ada 73 orang (34%), Kurang ada 15 orang (7%). Dari keterangan tersebut dapat diterjemahkan bahwa siswa yang masuk dalam katagori antara Baik sampai dengan Sangat Baik jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan jumlah katagori Kurang sampai dengan katagori Sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar ada pembinaan lebih lanjut untuk siswa puteri, dan juga diperlukan latihan kombinasi dengan komposisi latihan fisik yang seimbang sehingga tidak terjadi ketimpangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2011 03:15
Last Modified: 25 Apr 2015 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2279

Actions (login required)

View Item View Item