PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN BALOK UNIT DI SENTRA BALOK (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelompok Bermain Lab School UNNES


Risa Azimatul Fatchuriyah , 1601911003 (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN BALOK UNIT DI SENTRA BALOK (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelompok Bermain Lab School UNNES. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN BALOK UNIT DI SENTRA BALOK (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelompok Bermain Lab School UNNES]
Preview
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN BALOK UNIT DI SENTRA BALOK (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelompok Bermain Lab School UNNES) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya anak dapat berkomunikasi, bertanya dan menjawab pertanyaan kepada Guru. Kurangnya anak berkomunikasi serta keberanian anak untuk menceritakan pengalaman mainnya serta kurang lancar menjawab pertanyaan. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah permainan balok unit dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah permainan balok unit di sentra balok dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak di KB Lab School Universitas Negeri Semarang Tahun ajaran 2013/2014. Penelitian inimenggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sumber data penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Lab School Universitas Negeri Semarang. Melalui permainan balok unit di sentra balok terbukti mampu meningkatkan komunikasi anak, yaitu terlihat dari lembar data hasil pengamatan pada saat bermain balok di sentra berlangsung. Kemampuan komunikasi anak untuk menjawab pertanyaan, mengungkapkan keinginan, bertanya meningkat. Pada siklus I diperoleh hasil 33% dan siklus II diperoleh hasil 76%. Berdasarkan keseluruhan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak usia 3-4 tahun di PAUD Lab School Universitas Negeri Semarang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : kemampuan komunikasi, balok unit, sentra balok
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 1777 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 13:01
Last Modified: 07 Jan 2016 13:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22788

Actions (login required)

View Item View Item