KEEFEKTIFAN STRATEGI TRUE OR FALSE (ToF) DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III SDN JATINGARANG 03 KABUPATEN PEMALANG


Yesi Arfian Eka Ningrum, 1401411014 (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI TRUE OR FALSE (ToF) DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III SDN JATINGARANG 03 KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN STRATEGI TRUE OR FALSE (ToF) DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III SDN JATINGARANG 03 KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN STRATEGI TRUE OR FALSE (ToF) DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III SDN JATINGARANG 03 KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

IPS merupakan mata pelajaran yang dapat membekali siswa agar dapat berdampingan dengan masyarakat. Untuk mewujudkan tujuan pembelajaran IPS, diperlukan strategi pembelajaran yang mampu melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat mengaktifkan seluruh siswa, yaitu strategi True or False. True or False merupakan suatu permainan yang dapat melibatkan siswa, dimana siswa menentukan benar atau salah kartu pernyataan yang didapat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan strategi True or False dalam pembelajaran IPS materi Kegiatan Jual Beli pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Jatingarang 03. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SDN Jatingarang 02 dan 03 dengan populasi sejumlah 71 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dan diperoleh sampel untuk kelas eksperimen sebanyak 23 siswa serta untuk kelas kontrol sebanyak 39 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Pengujian hipotesis pertama (uji perbedaan) menggunakan rumus independent samples t test, dikarenakan kedua kelompok data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian menunjukkan bahwa t hitung sebesar 2,641. Berdasarkan hasil penghitungan, dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel (2,641 > 1,671). Apabila mengacu pada kriteria keputusan pengujian hipotesis, maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS materi Kegiatan Jual Beli antara pembelajaran yang menggunakan strategi True or False dan yang menggunakan model konvensional. Untuk hipotesis yang kedua (uji keefektifan), menggunakan rumus one sample t test. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (3,289 > 2,074). Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran IPS materi Kegiatan Jual Beli dengan strategi True or False lebih tinggi daripada model konvensional. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada guru untuk menerapkan strategi True or False dalam proses pembelajaran lain selain IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pembelajaran aktif, dan strategi True or False
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 33364 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 11:10
Last Modified: 12 Jan 2016 11:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22777

Actions (login required)

View Item View Item