STUDI DESKRIPTIF PENANAMAN NILAI MORAL PADA ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN LOKALISASI SUNAN KUNING KELURAHAN KALIBANTENG KULON KOTA SEMARANG
SRI NURYANI , 1601411018 (2015) STUDI DESKRIPTIF PENANAMAN NILAI MORAL PADA ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN LOKALISASI SUNAN KUNING KELURAHAN KALIBANTENG KULON KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (STUDI DESKRIPTIF PENANAMAN NILAI MORAL PADA ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN LOKALISASI SUNAN KUNING KELURAHAN KALIBANTENG KULON KOTA SEMARANG )
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Proses sosialisasi anak terjadi langsung maupun tidak langsung dalam interaksinya dengan lingkungan sosial, sehingga lingkungan memiliki peran yang sangat besar setelah orangtua dalam proses perkembangan moral anak. Sementara itu, sekarang ini banyak sekali tempat-tempat lokalisasi yang menjamur dan berkembang di Indonesia salah satunya Sunan Kuning, sehingga peran lingkungan yang seharusnya menjadi tempat tumbuh dan berkembang anak menjadi tempat yang tidak aman untuk bermain. Dampak yang ditimbulkan oleh lingkungan tersebut yaitu anak yang berkata “asu”, “susumu lho ketok”. Rumusan masalah dalam penulisan yaitu (1) bagaimana proses penanaman nilai moral pada anak usia dini di lingkungan lokalisasi Sunan Kuning Semarang?, (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai moral pada anak usia dini di lingkungan lokalisasi Sunan Kuning Semarang?. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses penanaman nilai moral pada anak usia dini di lingkungan Lokalisasi Sunan Kuning Semarang, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai moral pada anak usia dini di lingkungan lokalisasi Sunan Kuning Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan fenomenologi dengan subyek penelitian yaitu Muhammad Syahputra yang ditentukan dengan cara purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diperiksa keabsahan datanya dengan triangulasi sumber, metode dan waktu. Data dianalisis dengan teknik analisis data model interaktif Miles and Huberman. Berdasarkan analisis data, proses penanaman nilai moral pada anak usia dini dilakukan dengan cara mengajarkan baik buruk, sopan santun, dan cara beribadah. Faktor pendukung penanaman nilai moral yaitu kepatuhan anak terhadap orangtua cukup tinggi, harapan orangtua supaya anak berperilaku baik, perhatian dari orangtua, pembelajaran agama, dan pembiasaan tidur siang. Sedangkan faktor penghambat penanaman nilai moral yaitu lingkungan yang kurang baik, keterbatasan waktu orangtua untuk bertemu anak, nenek yang terlalu memanjakan cucunya, dan tidak adanya contoh perilaku baik dari orangtua, serta tidak adanya pembatasan pergaulan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Nilai Moral, Anak Usia Dini, Lingkungan Lokalisasi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | Users 1777 not found. |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 12:59 |
Last Modified: | 07 Jan 2016 12:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22776 |
Actions (login required)
View Item |