KARYA LAGU TUJUH LANGKAH CUCI TANGAN SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN: STUDI KASUS DI SD NEGERI BONANGREJO KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK
Rizkia Putri Pratiwi , 2501410109 (2015) KARYA LAGU TUJUH LANGKAH CUCI TANGAN SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN: STUDI KASUS DI SD NEGERI BONANGREJO KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KARYA LAGU TUJUH LANGKAH CUCI TANGAN SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN: STUDI KASUS DI SD NEGERI BONANGREJO KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK )
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
SD Negeri Bonangrejo adalah adalah lembaga pendidikan yang berada di Kecamata Bonang Kabupaten Demak. SD ini mendapat sosialisasi pembelajaran mencuci tangan menggunakan lagu yang berjudul Tujuh Langkah Cuci Tangan dari Puskesmas Kecamatan Bonang. Lagu ini mengajarkan kepada siswa bagaimana cara mencuci tangan secara baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemanfaatan lagu Tujuh Langkah Cuci Tangan yang digunakan sebagai media pendidikan di SD Negeri Bonangrejo, bagaimana bentuk lagu Tujuh Langkah Cuci Tangan yang digunakan di SD Negeri Bonangrejo, dan bagaimana proses pemanfaatan lagu Tujuh Langkah Cuci Tangan yang digunakan sebagai media pendidikan di SD Negeri Bonangrejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif sehingga akan menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata. Teknik observasi, studi dokumen dan wawancara digunakan dalam proses pengumpulan data. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan pemeriksaan derajad kepercayaan data, yaitu menggunakan cara trianggulasi data, dengan metode crosscheck data dan sumber data. Penelitian ini menggunakan tiga tahap dalam analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) latar belakang pemanfaatan lagu didasari kehadiran lagu tersebut cocok untuk proses sosialisasi mencuci tangan sehingga pihak Puskesmas tidak perlu membuat lagu sendiri, karena lagu ini dapat didownload melalui media sosial youtube dengan format video yang telah dilengkapi dengan lirik lagunya yang berisi pesan pendidikan, (2) lagu ini merupakan lagu satu bagian A (a a‟) yang terdiri dari frase tanya sebanyak 4 birama dan frase jawab sebanyak 4 birama, (3) lagu ini diajarkan kepada siswa di dalam ruang kelas dan dipraktekkan di halaman sekolah. Hasil yang didapat setelah pembelajaran lagu membuat siswa lebih mengerti cara mencuci tangan yang benar dan tahu akan pentingnya mencuci tangan. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat penulis berikan adalah: (1) kepada pihak puskesmas agar pelaksanaan sosialisasi dilakukan secara merata untuk seluruh tingkatan kelas, (2) bagi para pencipta lagu, lagu ini dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk menciptakan karya lagu yang lebih menarik untuk kepentingan pendidikan, dan (3) guru diharapkan dapat memantau perkembangan siswa dalam mengaplikasikan lagu Tujuh Langkah Cuci Tangan di dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KARYA LAGU TUJUH LANGKAH CUCI TANGAN SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Users 22790 not found. |
Date Deposited: | 04 Dec 2015 11:57 |
Last Modified: | 04 Dec 2015 11:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22754 |
Actions (login required)
View Item |