IMPLEMENTASI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VA SDN WATES 01 SEMARANG


NESYA WULAN SETYANINGSIH, 1401410409 (2014) IMPLEMENTASI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VA SDN WATES 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VA SDN WATES 01 SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VA SDN WATES 01 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan refleksi yang dilakukan guru bersama kolaborator ditemukan permasalahan rendahnya kualitas pembelajaran IPS yaitu keterampilan guru belum maksimal melakukan inovasi pembelajaran, siswa tidak termotivasi aktif dan hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal 30,56%. Implementasi model quantum teaching dengan media flashcard diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah implementasi model quantum teaching dengan media flashcard dapat meningkatkan kualitas pembelajarn IPS pada siswa kelas VA SDN Wates 01 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas VA SDN Wates 01 Semarang menggunakan model quantum teaching dengan media flashcard. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus pada siswa kelas VA SDN Wates 01 yang berjumlah 36 siswa dan guru sebagai subyek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dokumentasi, angket, dan catatan lapangan. Data kualitatif dan kuantitatif dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1. keterampilan guru meningkat, terbukti pada siklus I memperoleh skor 38 kategori baik, siklus II berjumlah 46 skor kategori sangat baik, dan siklus III medapatkan skor 48 kategori sangat baik; 2. aktivitas siswa meningkat, siklus I rata-rata skor 33,31 kategori sangat baik, siklus II rata-rata jumlah skor 34,53 kategori sangat baik, siklus III rata-rata jumlah skor 37,36 kategori sangat baik; 3. hasil belajar siswa meningkatkan, memperoleh ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 66,67 % nilai rata-rata 74,9, siklus II sebesar 77,78% nilai rata-rata 80,1, siklus III mendapatkan 91,67% nilai rata-rata 87,9. Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi model quantum teaching dengan media flashcard dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas VA SDN Wates 01 Semarang. Setelah penelitian disarankan kepada guru agar mengembangkan keterampilannya menggunakan variasi model dan media untuk mencapai tujuan pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model quantum teaching, media flashcard, kualitas pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 33364 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 11:08
Last Modified: 12 Jan 2016 11:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22752

Actions (login required)

View Item View Item