APRESIASI SISWA TERHADAP MUSIK ROCK DAN JAZZ DI SMP NEGERI 1 TULIS KABUPATEN BATANG
Riyanda Zuqni Fahma , 2501410027 (2015) APRESIASI SISWA TERHADAP MUSIK ROCK DAN JAZZ DI SMP NEGERI 1 TULIS KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (APRESIASI SISWA TERHADAP MUSIK ROCK DAN JAZZ DI SMP NEGERI 1 TULIS KABUPATEN BATANG )
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Mengapresiasi karya musik merupakan kemampuan memahami, menilai, dan menghargai karya musik. Kemampuan ini akan terbentuk pada diri seseorang melalui pengalamannya baik dari keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana apresiasi siswa terkait pemahaman, penilaian, dan penghargaan terhadap musik rock dan jazz (2) motivasi apakah yang mendorong siswa mendengarkan musik rock dan jazz. Manfaat yang diperoleh adalah (1) bagi mahasiswa agar dapat menambah kekayaan khasanah tentang apresiasi terhadap musik rock dan jazz (2) bagi UNNES semoga hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan sebagai referensi ilmiah umum khususnya sendratasik untuk penelitian-penelitian ilmiah berikutnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripstif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan musikologi dan psikologi. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Tulis dengan subjek para siswa kelas VIII yang mengikuti ekstrakurikuler musik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Apresiasi siswa terkait pemahaman telah ditunjukan oleh siswa yang dapat menyebutkan beberapa grup musik rock dan jazz di Indonesia. Mengenai apresiasi terkait penilaian terhadap irama dari musik rock dan jazz para siswa memberikan tanggapan bahwa irama dari musik rock tergolong memberikan aksen-aksen yang jelas, hentakan setiap beat nya terasa tegas serta memiliki ciri khas pada tempo yang cepat. Sedangkan untuk musik jazz memiliki irama yang sangat bervariasi. Melodi musik rock dinilai memiliki pola melodi yang kurang bervariasi, yang artinya dalam sebuah lagu banyak terdapat pengulangan nada di setiap baitnya. Melodi musik rock juga dinilai memiliki nada yang tinggi. Sedangkan untuk melodi dari musik jazz dinilai memiliki lebih banyak variasi nada dan menggunakan akord-akord tambahan. Apresiasi siswa terkait penghargaan terhadap musik rock dan jazz ditunjukan dengan kegiatannya dalam menonton live concert band dan mendengarkan audio/audio visual. Motivasi yang mendorong siswa mendengarkan musik rock dan jazz adalah (1) mengembangkan bakat dalam bermusik (2) menjawab rasa penasaran dan (3) menambah perbendaharaan lagu. Saran peneliti kepada (1) pendamping ekstrakurikuler musik diharapkan menambah materi tentang musik jazz dan kreatif dalam mengisi materi-materi yang diajarkan; (2) Siswa SMP Negeri 1 Tulis khususnya untuk yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler musik tetap mengikuti kegiatan tersebut sehingga dapat terus mengembangkan bakat dan pengetahuan dalam hal bermusik
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Apresiasi, musik rock, musik jazz, SMP Negeri 1 Tulis |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Users 22790 not found. |
Date Deposited: | 04 Dec 2015 11:57 |
Last Modified: | 04 Dec 2015 11:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22749 |
Actions (login required)
View Item |