PERANCANGAN COMPANY PROFILE DAN MEDIA PROMOSI PARIWISATA PABRIK GULA CEPIRING KABUPATEN KENDAL


Dewi Ambar Fitriyanti , 2450408022 (2015) PERANCANGAN COMPANY PROFILE DAN MEDIA PROMOSI PARIWISATA PABRIK GULA CEPIRING KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN COMPANY PROFILE DAN MEDIA PROMOSI  PARIWISATA PABRIK GULA CEPIRING KABUPATEN KENDAL ]
Preview
PDF (PERANCANGAN COMPANY PROFILE DAN MEDIA PROMOSI PARIWISATA PABRIK GULA CEPIRING KABUPATEN KENDAL ) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah Negara yang kaya baik alam, sumber daya manusia maupun wisatanya. Kendal, merupakan salah satu daerah di Pulau Jawa yang memiliki potensi pariwisata cukup tinggi. Objek wisata yang dikembangkan berupa objek wisata alam, buatan dan sejarah. Salah satu objek wisata sejarah adalah Pabrik Gula Cepiring, satu-satunya pabrik gula peninggalan bangsa Belanda yang masih bertahan, baik bangunan maupun aktivitas kerjanya. Tahun 2007, pemerintah Kabupaten Kendal menetapkan Pabrik Gula Cepiring sebagai salah satu potensi pariwisata pembelajaran proses pembuatan gula pasir dan pariwisata sejarah. Dalam prosesnya, potensi Pabrik Gula Cepiring sebagai objek wisata masih belum ramai karena kurangnya media promosi. Dengan adanya permasalahan tersebut, penulis ingin merancang company profile dan media promosi yang dapat mengangkat Pabrik Gula Cepiring menjadi objek wisata yang diminati masyarakat. Media yang digunakan dalam bentuk Company profile dan media promosi ini adalah media kertas atau cetak dan video. Karya yang dihasilkan menampilkan gambaran Pabrik Pula Cepiring dalam bentuk foto yang dihadilkan dengan variasi bingkai disertai dengan keterangan tertulis mengenai Pabrik Gula Cepiring dan background desain dengan tampilan perpaduan berbagai warna, dengan dominan hijau. Desain karya berjumlah 12 dengan dengan pembagian karya company profile berupa Booklet berukuran 14cmX20cm dan video Company Profile memiliki durasi 16 menit 52 detik sedangkan karya media promosi berupa Standing Banner 160cmX60cm, Kalender meja vertikal 15cmX25cm, Kalender meja horisontal 25cmX15cm, Leaflet 3 lipat 30cmX21cm dan Leaflet 2 lipat 15cmX22cm. Dalam proses pembuatannya penulis melakukan observasi langsung untuk pengambilan gambar untuk membuat desain company profile dan media promosi menggunakan software komputer Phothoshop, Audacity dan Ulead VideoStudio. Simpulan dari proyek studi ini ialah Company profile (Booklet dan video) dan media promosi (Standing Banner, Kalender Meja, Leaflet) dapat menjadi salah satu media sebagai proses promosi dalam meningkatkan pariwisata Pabrik Gula Cepiring yang memberikan informasi mengenai Pabrik Gula Cepiring baik sejarah maupun pengetahuan produksi gula. Desain company profile dan media promosi ini disajikan dengan perpaduan gambar dan tulisan yang menarik sehingga mendorong masyarakat untuk mengunjungi objek pariwisata ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pabrik gula Cepiring, company profile, media, promosi, pariwisata.
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2015 11:59
Last Modified: 04 Dec 2015 11:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22736

Actions (login required)

View Item View Item