PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MODUL GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR PEMELIHARAAN SISTEM BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL
YONATHAN ITO , 5201409031 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MODUL GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR PEMELIHARAAN SISTEM BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MODUL GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR PEMELIHARAAN SISTEM BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL )
- Published Version
Download (8MB) | Preview |
Abstract
Ito, Yonathan. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Modul Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Motor Diesel. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Drs. Abdurrahman, M.Pd. Dr. Hadromi, S.Pd., M.T. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Diesel siswa kelas XI TO 7 SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) yang dibantu dengan penggunaan modul serta untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI TO SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015 sejumlah 37 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Diesel. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Pertama, penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa dengan pencapaian rata-rata nilai siklus I sebesar 61,4 menjadi sebesar 79,3 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siklus I sebesar 48,65% menjadi 81,08% pada siklus II. Kedua, peningkatan aktivitas siswa dari 64% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Berdasarkan metode pengumpulan data dokumentasi diketahui bahwa persentase ketuntasan siswa pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Diesel yaitu 45,95% siswa tuntas KKM, sedangkan yang belum tuntas KKM sebesar 54,05%. Setelah dilakukan penerapan model pembelajaran tipe Numbered Head Together berbantuan modul, hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II, yaitu 48,65% siswa tuntas pada siklus I dan 81,08% siswa tuntas pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Numbered Head Together berbantuan modul pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Diesel mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TO SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Numbered Head Together, Modul, Hasil Belajar, Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Diesel |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil, D3 |
Depositing User: | Users 33463 not found. |
Date Deposited: | 04 Dec 2015 12:05 |
Last Modified: | 04 Dec 2015 12:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22717 |
Actions (login required)
View Item |