PERBEDAAN ANTARA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER YANG DIAJAR MENGGUNAKAN STAD DAN YANG DIAJAR MENGGUNAKAN TUTOR SEBAYA DI SMK 11 SEMARANG


Fitria Puji Rahayu, 5302411152 (2015) PERBEDAAN ANTARA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER YANG DIAJAR MENGGUNAKAN STAD DAN YANG DIAJAR MENGGUNAKAN TUTOR SEBAYA DI SMK 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411152.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Fitria Puji Rahayu. 2015. Perbdedaan antara Hasil Belajar Mata Pelajaran Perakitan Komputer yang diajar menggunakan metode STAD dan yang diajar menggunakan Tutor Sebaya di SMK 11 Semarang. Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Drs. Suryono, M.T. Berdasarkan hasil pengamatan nilai siswa pada mata pelajaran perakitan komputer di SMK 11 Semarang yang mencapai KKM kurang dari 50 % dan metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah . Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa didapatkan bahwa kurang dari 75% siswa tidak dapat melakukan instalasi sistem operasi pada komputer. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa jauh perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode STAD dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan tutor sebaya,mengetahui perbedaan keterampilan instalasi sistem operasi antara kelas yang diajar menggunakan STAD dengan kelas yang diajar menggunakan tutor sebaya. Metode penelitian ini adalah true eksperiment yang terdiri dari kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen. Sampel yang digunakan sebanyak 36 orang siswa kelas X – Multimedia 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan 36 orang siswa kelas X – Multimedia 3 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik penilaian menggunakan pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan. Sedangkan untuk penilaian keterampilan dengan praktek dan pembuatan laporan individu. Analisis instrumen penelitian terdiri dari daya beda soal, tingkat kesukaran, validitas, dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data mengggunakan uji independent t-test terhadap hasil belajar diperoleh angka signifikan 0,304 sehingga kedua kelas tidak terdapat perbedaan hasil belajar.. Sedangkan keterampilan instalasi sistem operasi diperoleh hasil 0,03 maka terdapat perbedaan keterampilan menginstalasi sistem operasi. Sehingga terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan yang diajar menggunakan STAD dan yang diajar menggunakan tutor sebaya. Dari hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, serta merujuk pada latar belakang yang ada maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran tutor sebaya dan STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X jurusan multimedia di SMK 11 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Student team achievement division, Tutor Sebaya, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2015 18:25
Last Modified: 23 Nov 2015 18:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22694

Actions (login required)

View Item View Item