KEEFEKTIFAN ILUSTRASI BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) SENI BUDAYA (SENI RUPA) KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP


Yenni Indriyani, 2401409019 (2015) KEEFEKTIFAN ILUSTRASI BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) SENI BUDAYA (SENI RUPA) KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN ILUSTRASI BUKU SEKOLAH   ELEKTRONIK (BSE) SENI BUDAYA (SENI RUPA)  KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN ILUSTRASI BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) SENI BUDAYA (SENI RUPA) KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku Sekolah Elektronik, disebut juga BSE, adalah inisiatif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang bertujuan untuk menyediakan buku ajar elektronik untuk tingkat pendidikan dari SD, SMP, SMA dan SMK. Kini, BSE mulai dipakai sebagai salah satu sumber belajar utama dalam proses pembelajaran di sekolah. Informasi yang terdapat pada BSE diharapkan dapat membantu kegiatan pembelajaran dan penyelenggaraan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Salah satu BSE yang digunakan oleh siswa SMP di antaranya adalah BSE pada mata pelajaran Seni Budaya. Baik BSE Seni Budaya maupun pada BSE mata pelajaran lainnya, sering dijumpai gambar–gambar, di antaranya adalah ilustrasi. Ilustrasi pada BSE biasanya digunakan sebagai penunjang belajar siswa agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Tujuan terdapat ilustrasi pada BSE tersebut diharapakan dapat menggugah minat siswa sehingga tertarik untuk membaca dan dapat membentuk kebiasaan membaca terhadap siswa tersebut. Ilustrasi juga digunakan sebagai penjelas pada sebuah cerita atau kalimat. Sama halnya seperti pengertian dari gambar ilustrasi itu sendiri yang merupakan karya seni rupa yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Namun pada kenyataannya tidak semua ilustrasi dapat dipahami dengan baik oleh siswa. Terkadang terdapat gambar yang masih belum sesuai dengan isi konteks dari buku teks tersebut. Padahal melalui ilustrasi ini lah diharapkan dapat memberi daya tarik tersendiri bagi siswa dalam meningkatkan minat membaca. Rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimanakah perwujudan visual ilustrasi Buku Sekolah Elektronik (BSE) Seni Budaya (Seni Rupa) Kurikulum 2013 kelas VII SMP, dan (2) Bagaimanakah keefektifan ilustrasi Buku Sekolah Elektronik (BSE) Seni Budaya (Seni Rupa) Kurikulum 2013 kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif agar dapat mendeskripsikan data mengenai perwujudan visual ilustrasi Buku Sekolah Elektronik (BSE) Seni Budaya (Seni Rupa) Kurikulum 2013 Kelas VII SMP. Sumber data penelitian ini adalah Buku Sekolah Elektronik (BSE) Seni Budaya (Seni Rupa) Kurikulum 2013 Kelas VII SMP terbitan pusat perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis isi (content analysis) karena bertujuan untuk mendeskripsikan data yang komplit. Perwujudan visual Ilustrasi Buku Sekolah Elektronik (BSE) Seni Budaya Kelas VII SMP Sesuai Isi Kurikulum 2013 terdiri dari ilustrasi sampul buku dan ilustrasi isi buku. Ilustrasi pada sampul buku sudah sesuai dengan isi materi pada buku yang mengajarkan mata pelajaran Seni Budaya. Dengan desain sampul yang menonjolkan unsur seni, tanpa harus membaca judul buku maka pembaca akan dengan mudah mengenali jenis buku tersebut. Sedangkan ilustrasi pada isi buku dikelompokkan menjadi 2 bagian, yaitu bab 1 dan bab 2. Berdasarkan indikator keefektifan yang telah dikaji sesuai landasan teori, pada ilustrasi bab 1 dikategorikan cukup efektif dengan skor 36,67 atau 61,12% dan pada ilustrasi bab 2 dikategorikan efektif dengan skor 37,75atau 62,92%. Selanjutnya, setelah dikonfirmasikan dengan tabel Kategori keefektifan ilustrasi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Seni Budaya (Seni Rupa) Kurikulum 2013 kelas VII SMP semester 1, jika dihitung secara keseluruhan hasil rata – rata data kuesioner baik bab 1 maupun bab 2 adalah sejumlah 37,21 atau 62,01% yang artinya seluruh ilustrasi baik bab 1 maupun bab 2 tergolong cukup efektif digunakan sebagai penunjang belajar pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Seni Budaya (Seni Rupa) Kurikulum 2013 kelas VII SMP semester 1. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik simpulan bahwa perwujudan visual ilustrasi Buku Sekolah Elektronik (BSE) Seni Budaya (Seni Rupa) Kurikulum 2013 Kelas VII SMP terdiri dari 2 bagian, yaitu ilustrasi sampul buku dan ilustrasi isi buku. Beberapa kelemahan yang terdapat pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Seni Budaya (Seni Rupa) Kurikulum 2013 Kelas VII SMP. Selanjutnya, ilustrasi Buku Sekolah Elektronik (BSE) Seni Budaya (Seni Rupa) Kurikulum 2013 Kelas VII SMP dikategorikan sebagai buku teks yang cukup efektif digunakan siswa, guru maupun pembaca lainnya. Saran yang dapat disampaikan sebagai berikut: (1) Bagi guru dan siswa, lebih mencermati maksud materi pada buku sekolah elektronik (BSE) Seni Budaya (Seni Rupa) Kurikulum 2013 Kelas VII SMP. Selain itu, hendaknya siswa dan guru dapat menggunakan buku teks Seni Budaya lainnya sehingga dapat memperkaya ilmu serta dapat dijadikan sebagai referensi dalam belajar. (2) Bagi penerbit dan penulis buku, hendaknya lebih menampilkan ilustrasi yang lebih bervariatif, jelas, mendetail dan sesuai dengan isi materi. Mengurangi ilustrasi– ilustrasi berupa gambar digital dan hendaknya menampilkan ilustrasi yang lebih jelas baik dalam kualitas gambar maupun warnanya. (3) Bagi peneliti, dapat menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya dalam mencari keefektifan ilustrasi pada buku teks lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, ilustrasi, Buku Sekolah Elektronik (BSE), Seni Budaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2015 18:03
Last Modified: 23 Nov 2015 18:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22672

Actions (login required)

View Item View Item