EFEKTIVITAS METODE EXPERT GROUP DAN MODEL LOMBA CERDAS CERMAT (LCC) BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN KENDAL
Ana Kurniati, 2303411003 (2015) EFEKTIVITAS METODE EXPERT GROUP DAN MODEL LOMBA CERDAS CERMAT (LCC) BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
![]() Preview |
PDF (EFEKTIVITAS METODE EXPERT GROUP DAN MODEL LOMBA CERDAS CERMAT (LCC) BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN KENDAL )
- Published Version
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan membaca siswa MAN KENDAL masih tergolong rendah. Antusiasme dan keaktifan siswa dalam pembelajaran masih kurang karena metode yang digunakan kurang bervariasi dan monoton. Oleh karena itu perlu adanya metode dan model pembelajaran yang menarik sehingga siswa dapat termotivasi belajar dengan aktif dan menyenangkan. Salah satunya adalah dengan metode expert group dan model Lomba Cerdas Cermat (LCC) untuk mendukung penguasaan qawaid pada keterampilan membaca Arab. Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah metode expert group dan model Lomba Cerdas Cermat (LCC) efektif bagi peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas XI MAN Kendal?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan efektif atau tidak metode expert group dan model Lomba Cerdas Cermat (LCC) bagi peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas XI MAN Kendal. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena data yang dihasilkan berhubungan dengan angkaangka. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (pre-test dan post-test). Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini pada kelas kontrol mengalami peningkatan dari pre-test dengan rata-rata 70,93 dan pada post-test dengan rata-rata 85,83. Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari pre-test dengan rata-rata 70,82 dan pada post-test dengan rata-rata 89,65. Kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa metode expert group dan model Lomba Cerdas Cermat (LCC) efektif bagi peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab kelas XI IPA MAN Kendal
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Metode Expert Group, Model Lomba Cerdas Cermat (LCC), Keterampilan Membaca. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 17:47 |
Last Modified: | 23 Nov 2015 17:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22663 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |