MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF BENTUK GEOMETRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAM SEKITAR DI TK PGRI 79/03 NGALIYAN, SEMARANG


Hani Quroisin, 1601911010 (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF BENTUK GEOMETRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAM SEKITAR DI TK PGRI 79/03 NGALIYAN, SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601911010-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

UsiaTaman Kanak-kanak adalah usia yang efektif untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak. Taman Kanak-kanak merupakan tempat belajar dan bermain bagi anak usia dini. Taman Kanak-kanak juga lembaga pendidikan formal sebelum memasuki Sekolah Dasar.Salah satu yang dikembangkan adalah kemampuan bentuk geometri. Kemampuan belajar bentuk geometri yang rendah menjadi masalah yang dihadapi guru di Kelompok B TK PGRI 03/79. Berdasarkan kondisi tersebut rumusan masalah yang dipaparkan dalam penulisan ini yaitu: benda-benda apa sajakah yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan kognitif bentuk geometri di kelompok B TK PGRI 03/79 Ngaliyan Semarang dan bagaimanakah upaya meningkatkan kemampuan kognitif bentuk geometri dengan menggunakan media alam sekitar ada anak kelompok B TK PGRI 03/79 Ngaliyan, Semarang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data adalah siswa Kelompok B TK PGRI 03/79, Ngaliyan, Semarang melalui kegiatan pembelajaran yang lebih menarik menggunakan media alam sekitar dengan benda yang disesuaikan dengan tema sebagai sumber belajar terbukti mampu meningkatkan kemampuan bentuk geometri anak, yaitu terlihat dari lembar data hasil pengamatan pada saat kegitan pembelajaran bentuk geometri berlangsung. Pada siklus I diperoleh hasil 63% peningkatan kemampuan pembelajaran bentuk geometri pada siklus II diperoleh hasil 77% dan peningkatan kemampuan bentuk geometri pada siklus III diperoleh hasil 88%, dengan hasil tersebut menujukkan bahwa penelitian ini berhasil karena melebihi target indikator penelitian sebesar 81%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan media alam sebagai sumber belajar dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan bentuk geometri. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan pada semua guru dapat memberikan pembelajaran bentuk geometri yang menarik dan menyenangkan anak. Guru juga hendaknya mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan bagi anak

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bentuk Geometri Anak, Media Alam Sekitar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 15 Nov 2015 19:19
Last Modified: 15 Nov 2015 19:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22614

Actions (login required)

View Item View Item