HUBUNGAN PERSEPSI ORANG TUA TENTANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN MOTIVASI MENYEKOLAHKAN ANAK NYA KE PAUD DI DESA PODOSUGIH, KECAMATAN PEKALONGAN BARAT, KOTA PEKALONGAN
Erika Brahma Siwi, 1601410027 (2015) HUBUNGAN PERSEPSI ORANG TUA TENTANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN MOTIVASI MENYEKOLAHKAN ANAK NYA KE PAUD DI DESA PODOSUGIH, KECAMATAN PEKALONGAN BARAT, KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan upaya pembinaan yang diajukan bagi anak-anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Peran orang tua sangat penting dalam memberikan pendidikan anak sejak dini, sudut pandang orang tua dalam memberikan pendidikan anak berpengaruh terhadap masa depan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan persepsi orang tua tentang PAUD dengan motivasi orang tua menyekolahkan anak PAUD di Desa Podosugih, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Pengambilan data penelitian ini menggunakan skala yang diberikan oleh orang tua yang menjadi sampel. Dibuktikan jumlah popula si orang tua yang memiliki anak usia 4-5 tahun dari banyaknya 148 KK sedangkan jumlah sample yang diambil 30 orang. Teknik analisis data korelasi product moment menggunakan Program SPSS Versi 16. Hasil Penelitian analisis linier sederhana menunjukkan bahwa ada hubungan persepsi orang tua tentang PAUD dengan motivasi menyekolahkan anaknya ke PAUD memiliki hubungan yang positif dengan p < 0,05. Berdasarkan hasil uji normalitas yang telah dilakukan, dapat dilihat dari nilai probabilitas signifikan positif dengan nilai diatas 5% atau 0,05. Variabel Persepsi Orang tua memiliki signifikan sebesar 0,927 yang berarti lebih besar dari 0,05. Pada variable Motivasi Menyekolahkan Anak memiliki nilai signifikan sebesar 0,791 yang berarti lebih besar dari 0,05. Sedangkan hasil linieritas menunjukkan nilai F sebesar 23,919 dengan nilai signifikan 0,000 yang berarti data tersebut bersifat linier. Hasil analisis hipotesis menggunakan cara uji regresi linier sederhana untuk melihat hubungan persepsi orang tua dengan motivasi menyekolahkan anak menghasilkan nilai r sebesar 0,690 artinya terdapat hubungan yang positif. Sedangkan koefisien determinasinya sebesar 0,475 menunjukkan bahwa motivasi menyekolahkan anak ke PAUD dipengaruhi oleh persepsi orang tua memberikan sebesar 47,5% dan 52,5% dipengaruhi oleh variable lainnya. Early childhood education is an effort of the construction proposed for children from birth up to the age of six through the awarding of educational stimulation to help the growth and development of physical and spiritual so that children have preparedness in entering further education. The role of parents is very important in providing early childhood education, the perspective of the parents in providing education to their children's future. The purpose of this study was to examine the relationship of perceptions of parents about early childhood education with the motivation of parents send children early childhood education in the village of Podosugih, district west of Pekalongan, Pekalongan. This research using quantitative research methods korelasional.This research data retrieval using the scale given by parents who become samples. Demonstrated population numbers of parents who have children ages 4-5 years from the abundance of 147 FAMILIES while the number of samples taken 30 people. Technique of data analysis correlation product moment using the Program SPSS Version 16. Analysis of the results of the study showed that there is a simple linear relationship perceptions of parents about early childhood education and send his son with the motivation to early chilhood education and have a positive relationship with p < 0.05. Based on the results of a test of normality that has been done, can be seen from the significant probability of positive values with values above 5% or 0.05. The variable perceptions of parents have significant amounting to 0,927 which means greater than 0.05. On the motivational variable Send Children have significant of which means greater 0,791 of 0.05. While the results of the linieritas shows the value F of significant value 0.000 23,919 which means data is linear. Hypothesis analysis results using simple linear regression test ways to see the relationship of perception of parents with child send a motivation produces a value r of 0,690 means there is a positive relationship. Whereas the coefficient determinasinya of 0.445 indicates thatthe motivation of a child to send early childhood education is influenced by the perception of parents giving of 47,5% and 52.5% were influenced by other variables.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Orang Tua, Pendidikan Anak Usia Dini, Motivasi, Perception of Parents, Early Childhood Education, Motivation |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 15 Nov 2015 18:22 |
Last Modified: | 15 Nov 2015 18:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22605 |
Actions (login required)
View Item |