PERSEPSI PEGAWAI MENGENAI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECURANGAN (FRAUD) (Studi pada Satuan Kerja Pemerintah Daerah di Kabupaten Kebumen)


Senna Afriaska Ramdhana, 7250408061 (2015) PERSEPSI PEGAWAI MENGENAI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECURANGAN (FRAUD) (Studi pada Satuan Kerja Pemerintah Daerah di Kabupaten Kebumen). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7250408061-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi para pegawai di instansi pemerintahan mengenai kecenderungan terjadinya fraud di sektor pemerintahan dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Berdasarkan tujuan tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahannya yaitu bagaimana pengaruh penegakan hukum, keadilan organisasi, kesesuaian kompensasi, keefektifan sistem pengendalian internal, kepatuhan pengendalian internal, perilaku tidak etis, dan komitmen organisasi terhadap fraud di sektor pemerintahan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 112 pegawai instansi pemerintahan di Kabupaten Kebumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis full model Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis smartPLS. Hasil penelitian dengan Partial Least Square (PLS) menunjukan bahwa terdapat pengaruh negatif antara penegakan hukum, keadilan organisasi, keefektifan sistem pengendalian internal, kepatuhan pengendalian internal, dan komitmen organisasi terhadap fraud di sektor pemerintahan, terdapat pengaruh positif antara perilaku tidak etis terhadap fraud di sektor pemerintahan, dan tidak terdapat pengaruh antara kesesuaian kompensasi terhadap fraud di sektor pemerintahan. Saran yang disampaikan, khususnya bagi instansi diharapkan dapat meningkatkan penegakan hukum, keadilan organisasi, kesesuaian kompensasi, mempertahankan keefektifan sistem pengendalian internal, kepatuhan pengendalian internal, mengurangi perilaku tidak etis dan meningkatkan komitmen organisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fraud, Persepsi, Pegawai, Sektor Pemerintahan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 20:15
Last Modified: 14 Nov 2015 20:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22588

Actions (login required)

View Item View Item