EFEKTIVITAS PERAN GURU PENDAMPING DALAM MEMBANTU PROSES PEMBELAJARAN PADA TAMAN KANAK-KANAK DI KOTA SEMARANG


Dian Rizki Amelia , 1601410041 (2015) EFEKTIVITAS PERAN GURU PENDAMPING DALAM MEMBANTU PROSES PEMBELAJARAN PADA TAMAN KANAK-KANAK DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601410041-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pendidikan Taman Kanak-kanak terdapat Guru Inti dan Guru Pendamping. Kewajiban guru pendamping adalah menjadi teladan bagi pembentukan karakter anak, membantu guru dalam menyusun rencana pembelajaran, membantu mengelola kegiatan bermain sesuai dengan tahapan dan perkembangan anak, membantu dalam melakukan penilaian tahapan perkembangan anak (Peraturan Mendiknas Nomor 58 Tahun 2009). Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui apakah efektivitas guru pendamping dalam membantu proses pembelajaran pada Taman Kanak-kanak di Kota Semarang. Dan secara khusus bertujuan untuk mengetahui apakah peran guru pendamping dalam proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Populasi penelitian meliputi semua Taman Kanak-kanak di Kota Semarang yang memiliki guru pendamping. Pengambilan sampel menggunakan stratified sampling, dimana setiap unit strata harus memiliki kriteria yang jelas, yang dipergunakan sebagai dasar dalam menentukan anggota unit strata, setiap unit strata juga harus dapat diketahui secara pasti jumlah anggotanya. Dalam penelitian ini populasi dibagi kedalam tiga strata, yaitu populasi guru Taman Kanak-kanak di kota Semarang, guru pendamping pada Taman Kanak-kanak di tiap Kecamatan di Kota Semarang, kemudian diambil sampel guru pendamping Taman Kanak-kanak pada masing-masing Kecamatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yakni: analisis data deskriptif dengan metode statistik deskriptif persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor dari indikator aspek perencanaan adalah sebesar 80, 12% dengan kategori Efektif, dapat disimpulkan bahwa guru pendamping mempunyai peran yang efektif dalam membantu kegiatan perencanaan pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Rata-rata skor indikator pelaksanaan pembelajaran sebesar 83.98% dengan kategori Sangat Efektif, bahwa guru pendamping mempunyai peran sangat efektif dalam membantu kegiatan pelaksanaan pembelajaran di Taman Kanak-kanak dan ratarata skor indikator evaluasi sebesar 81.76% dengan kategori Sangat Efektif, dapat disimpulkan bahwa guru pendamping mempunyai peran yang sangat efektif dalam membantu kegiatan evaluasi pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Total rata-rata dari ketiga aspek tersebut diketahui sebesar 82,34% yang menunjukkan kategori Sangat Efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa guru pendamping sangat efektif dalam membantu pembelajaran pada Taman Kanak-kanak di Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru Pendamping, Pembelajaran Taman Kanak-kanak, Taman Kanak-kanak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 19:47
Last Modified: 22 Nov 2015 23:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22582

Actions (login required)

View Item View Item