PENANAMAN KEJUJURAN ANAK MELALUI KANTIN KEJUJURAN DI TK TERUNA DESA TAMBAHREJO, KECAMATAN PAGERUYUNG, KABUPATEN KENDAL
Dewi Rahmawati , 1601410023 (2015) PENANAMAN KEJUJURAN ANAK MELALUI KANTIN KEJUJURAN DI TK TERUNA DESA TAMBAHREJO, KECAMATAN PAGERUYUNG, KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kejujuran merupakan salah satu pendidikan karakter yang harus dimiliki anak untuk menanamkan pada diri anak berbagai macam perbuatan dan perilaku yang baik. Penanaman kejujuran anak dilakukan dengan berbagai cara sehingga nilai-nilai pendidikan karakter terutama karakter kejujuran dapat diterapkan di setiap waktu. Mengingat kebiasaan anak yang suka bermain dan lebih mudah mengingat kegiatan yang sering dilakukan maka penerapan kejujuran anak harus dengan menggunakan aktivitas yang sering dilakukan anak akan lebih maksimal. Penerapan Kantin kejujuran merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menanamkan kejujuran pada anak di TK Teruna Desa Tambahrejo, Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal. TK Teruna merupakan TK yang telah menerapkan kantin kejujuran untuk menanamkan perilaku jujur pada anak sejak usia dini. Penelitian ini untuk mendeskripsikan penanaman kejujuran anak serta mendeskripsikan bagaimana kantin kejujuran di TK Teruna Desa Tambahrejo, Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal dilaksanakan dan bagaimana hasilnya terhadap kejujuran anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam menghimpun data. Teknik analisis data dengan model interaktif. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 anak TK B TK Teruna yang usia rata-rata 5 tahun. Berdasarkan hasil analisis data penanaman kejujuran anak melalui kantin kejujuran di TK Teruna mendapatkan hasil kurang berjalan baik karena kemampuan anak dalam berhitung dan mengenal mata uang yang berbeda-beda namun pada perkembangan moral dan sosial emosional anak, penanaman kejujuran anak melalui kantin kejujuran menjadi berkembang. Faktor pendukung dalam penanaman kejujuran anak melalui kantin kejujuran di TK Teruna adalah peran serta orangtua dalam membentuk perilaku jujur pada anak dan kebiasaan anak dalam membeli makanan sendiri tanpa bantuan orang lain. Faktor penghambat adalah kemampuan anak dalam berhitung dan mengenal mata uang yang berbeda-beda dilihat dari kejujuran anak dalam batasan kognitif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanaman kejujuran anak, kantin kejujuran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | muhammad farhan unnes |
Date Deposited: | 14 Nov 2015 19:40 |
Last Modified: | 22 Nov 2015 22:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22579 |
Actions (login required)
View Item |