IMPLEMENTASI PSAK 109 TENTANG AKUNTANSI ZAKAT DAN INFAK/SEDEKAH (Studi Empiris pada Organisasi Pengelola Zakat dan Infak/Sedekah Di Kota Semarang)


Pujianto, 7211410096 (2015) IMPLEMENTASI PSAK 109 TENTANG AKUNTANSI ZAKAT DAN INFAK/SEDEKAH (Studi Empiris pada Organisasi Pengelola Zakat dan Infak/Sedekah Di Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211410096-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Organisasi pengelola zakat dan infak/sedekah adalah salah satu lembaga swadaya masyarakat syariah. Organisasi pengelola zakat dan infak/sedekah sudah seharusnya membuat laporan keuangan yang dikelolanya sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku yaitu PSAK 109 Akuntansi Zakat dan Infak/sedekah. Namun, pada kenyataannya banyak organisasi pengelola zakat dan infak/sedekah yang belum mengimplementasikan PSAK tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implemntasi PSAK 109 akuntansi zakat dan infak/sedekah. Populasi dalam penelitian ini adalah organisasi pengelola zakat dan infak/sedekah di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Pengolahan data menggunakan analisis statistik deskriftif dan analisis regresi. Variabel indepndennya pada penelitian ini adalah sikap dan norma subyektif terhadap praktik akuntansi zakat dan infak/sedekah. Sedangkan variabel dependenya adalah minat amil zakat dan infak/sedekah mengimplementasikan praktik akuntansi zakat dan infak/sedekah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap terhadap praktik akuntansi zakat dan infak/sedekah secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat amil zakat dan infak/sedekah mengimplementasikan praktik akuntansi zakat dan infak/sedekah sedangkan norma subyektif terhadap praktik akuntansi zakat dan infak/sedekah parsial berpengaruh terhadap minat amil zakat dan infak/sedekah mengimplementasikan praktik akuntansi zakat dan infak/sedekah. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa organisasi pengelola zakat dan infak/sedekah berminat mengimplementasikan praktik akuntansi zakat dan infak/sedekah. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah IAI lebih giat dalam mensosialisasikan PSAK 109 Akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah agar amil lebih memahami dan berminat mengimplementasikan PSAK 109 Akuntansi Zakat dan Infak/sedekah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah, PSAK No 109 .
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 18:59
Last Modified: 14 Nov 2015 18:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22566

Actions (login required)

View Item View Item