PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UKURAN KAP, LABA/RUGI OPERASI DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2010-2012


Arizal Latif Fiatmoko, 7211410065 (2015) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UKURAN KAP, LABA/RUGI OPERASI DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2010-2012. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211410065-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Laporan keuangan merupakan sarana informasi penting bagi para investor maupun kreditor dalam pengambilan keputusan, oleh karena itu laporan keuangan harus disajikan tepat waktu. Ketepatan waktu dapat dilihat dari audit delay yaitu lamanya waktu penyelesaian audit yang diukur dari tanggal tahun penutupan buku hingga tanggal diterbitkannya laporan keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran kantor akuntan publik, ukuran perusahaan, laba/rugi operasi dan opini audit terhadap audit delay. Populasi penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2010 sampai 2012. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu berupa laporan keuangan yang telah dipublikasikan. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Data diolah menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan hasil dan simpulan penelitian menunjukkan bahwa ukuran kantor akuntan publik, laba/rugi operasi dan opini audit secara parsial tidak berpengaruh terhadap audit delay, sedangkan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh terhadap audit delay. Secara simultan ukuran kantor akuntan publik, ukuran perusahaan, laba/rugi operasi dan opini audit berpengaruh signifikan terhadap audit delay. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan variabel lain yang diperkirakan berpengaruh terhadap audit delay dan menambah kategori perusahaan sampel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ukuran KAP, size, laba/rugi, opini audit, audit delay.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 18:38
Last Modified: 14 Nov 2015 18:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22562

Actions (login required)

View Item View Item