PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN


Dafid Syaiful Annas, 7211409086 (2015) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211409086-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Obligasi sebagai salah satu instrument pasar modal memiliki peran yang cukup besar dalam memacu pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu manajemen sebuah perusahaan diduga cenderung melakukan manajemen laba atau rekayasa laba pada periode di sekitar emisi obligasi agar kinerja perusahaan terlihat baik karena akan berdampak pada perolehan peringkat obligasi sehingga akan meningkatkan daya tarik perusahaan di mata investor. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh rasio keuangan terhadap peringkat obligasi dengan manajemen laba sebagai variable intervening. Populasi dari penelitian ini yaitu perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2009-2012. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi dan analisis jalur (uji sobel). Hasil analisis dengan menggunakan regresi ini menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap manajemen laba (0,095>0,05), likuiditas tidak berpengaruh terhadap manajemen laba (0,353>0,05), leverage berpengaruh terhadap manajemen laba (0,028<0,05), profitabilitas berpengaruh terhadap peringkat obligasi (0,000<0,05), likuiditas tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi (0,415>0,05), leverage tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi (0,784>0,05) dan uji hipotesis menggunakan sobel menunjukkan bahwa secara tidak langsung manajemen laba tidak dapat memediasi hubungan antara leverage dengan peringkat obligasi (0,245<2,0154). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah profitabilitas dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, leverage berpengaruh terhadap manajemen laba, profitabilitas berpengaruh terhadap peringakat obligasi, likuiditas dan leverage tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi an Uji hipotesis menggunakan uji sobel menunjukkan bahwa secara tidak langsung manajemen laba tidak dapat memediasi hubungan antara leverage dengan peringkat obligasi. Saran yang berkaaitan dengan hasil penelitian ini yaitu mengembangkan variabel penelitian seperti variabel kinerja non keuangan, menambah pemeringkat obligasi lain seperti PT Kasnic Credit Rating Indonesia dan PT Fitch Rating Indonesia yang belum diteliti pada sampel yang digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rasio Keuangan, Manajemen Laba, Peringkat Obligasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 18:26
Last Modified: 14 Nov 2015 18:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22556

Actions (login required)

View Item View Item