KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERVISI SETS PADA KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR


Dian Mustikasari , 4301411145 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERVISI SETS PADA KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411145-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran model inkuiri terbimbing bervisi SETS pada keterampilan proses sains dan hasil belajar. Pengambilan sampel penelitian diambil dua dari lima kelas XI IPA populasi SMAN 1 Pemalang tahun ajaran 2014/2015 menggunakan teknik cluster sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diambil dengan instrumen tes dan nontes. Instrumen tes digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif berupa tes objektif sedangkan, insrumen nontes digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains dari pengamatan psikomotor dan afektif. Analisis keterampilan proses sains diuji secara deskriptif dari perolehan rata-rata hasil belajar ranah psikomotor dan hasil belajar afektif. Rata-rata hasil keterampilan proses sains kelas eksperimen 86 dan kelas kontrol 80. Rata-rata hasil belajar psikomotor kelas eksperimen meningkat dari percobaan pertama 82 ke percobaan kedua 88 sedangkan, kelas kontrol meningkat dari 73 ke 78. Rata-rata hasil belajar afektif kelas eksperimen 85 dan kelas kontrol 80. Peningkatan keterampilan proses sains siwa yang diamati antara lain keterampilan mengamati, berhipotesis, merencanakan percobaan, menafsirkan data, menerapkan konsep dan berkomunikasi. Peningkatan aspek yang paling tinggi tampak dari perolehan nilai berkomunikasi dan menafsirkan data. Hal ini disebabkan oleh pengalaman siswa secara mandiri belajar dan menemukan konsep sains serta penerapan keterkaitan antar unsur SETS. Analisis hasil belajar kognitif dianalisis dengan uji statistik student (uji t) dan normalized-gain. Analisis hasil belajar kognitif diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen 78 lebih tinggi dari kelas kontrol 76. Harga n-gain score yang diperoleh sebesar 0,63 untuk kelas eksperimen dan 0,55 untuk kelas kontrol. Hasil uji t satu pihak kanan didapat nilai t hitung 10,1 lebih dari t kritis 1,67 yang berarti ada perbedaan signifikan antara rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen dan kelas kontrol. Keterampilan proses sains untuk nilai rata-rata kelas eksperimen diperoleh 86 lebih tinggi daripada kelas kontrol 80. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan inkuiri terbimbing bervisi SETS efektif membantu mencapai keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar kimia siswa di SMA Negeri 1 Pemalang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektif, Hasil Belajar; Inkuiri Terbimbing; Keterampilan Proses Sains; Visi SETS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 14 Nov 2015 01:24
Last Modified: 14 Nov 2015 01:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22505

Actions (login required)

View Item View Item