PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMP


Nur Hikmah , 4401408116 (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401408116-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan siswa. Berdasarkan hasil observasi di SMP 4 Bandar Kabupaten Batang LKS yang digunakan adalah LKS dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Kegiatan pada LKS non eksperimen belum memfasilitasi pembelajaran kontekstual, berpikir kritis, dan belajar mandiri dengan mengembangkan kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS materi sistem ekskresi pada manusia berbasis problem based learning yang layak dan efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan langkah-langkah menganalisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba skala kecil, revisi produk, uji coba skala besar, revisi produk, dan produk final. Uji coba produk pengembangan menggunakan metode eksperimen dengan desain one-shot case study. Kelayakan materi dan media LKS dianalisis dengan deskriptif persentase. Subjek penelitian pada uji coba skala kecil terdiri dari satu guru dan 34 siswa sedangkan pada uji coba skala besar satu guru dan 63 siswa. Data yang diambil pada uji coba skala besar yaitu data hasil belajar siswa yang dianalisis dengan deskriptif kuantitatif, serta tanggapan guru dan siswa yang dianalisis dengan deskriptif persentase. Hasil pengembangan LKS berbasis problem based learning aspek kelayakan materi memperoleh 96,43% dan kelayakan media 93,75%, artinya LKS yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mencapai 74,55%. Penggunaan LKS dalam pembelajaran memperoleh tanggapan yang positif dari guru dan sangat positif dari siswa dengan persentase berturut-turut 80,55% dan 82,90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS materi sistem ekskresi pada manusia berbasis problem based learning layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran. Guru perlu membiasakan siswa dengan pembelajaran menggunakan bahan ajar yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, memberikan pengalaman belajar kontekstual, dan belajar mandiri dengan mengembangkan kemampuan kerjasama siswa agar hasil belajar siswa lebih baik daripada pembelajaran sebelumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja siswa, sistem ekskresi, problem based learning
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:41
Last Modified: 14 Nov 2015 00:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22481

Actions (login required)

View Item View Item