PENGEMBANGAN MEDIA WINDOWS MOVIE MAKER DENGAN ACTIVE AND FUNNY LEARNING STRATEGY MATERI LARUTAN PENYANGGA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 SEMARANG


Febrinda Simarmata , 4301411066 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA WINDOWS MOVIE MAKER DENGAN ACTIVE AND FUNNY LEARNING STRATEGY MATERI LARUTAN PENYANGGA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411066-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian Research and Development (R&D) bertujuan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran berbasis komputer windows movie maker yang telah dikembangkan dan mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran windows movie maker untuk siswa yang sesuai dengan kriteria kualitas media pembelajaran yang baik sesuai dengan yang ditentukan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, angket. Uji coba yang dilakukan terdiri dari 20 siswa uji coba skala terbatas dan 73 siswa uji coba skala. Hasil analisis ketersediaan media pembelajaran yang digunakan adalah LKS, buku paket, modul, media slide microsoft power point, namun media berbasis komputer belum tersedia. Penilaian pakar menunjukkan bahwa media video pembelajaran materi larutan penyangga sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa video pembelajaran memperoleh skor rerata 89 sehingga dinyatakan layak secara teoritis. Video pembelajaran dinyatakan efektif karena 69 siswa mencapai Kriteria Kentuntasan Minimal (KKM) pada hasil tes dan aktivitas siswa mendapat predikat baik. Berdasarkan hasil peneilitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video pembelajaran dengan active and funny learning strategy sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkat hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Active and funny learning strategy; Larutan Penyangga; media pembelajaran; Windows Movie Maker
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:25
Last Modified: 14 Nov 2015 00:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22469

Actions (login required)

View Item View Item