Pengaruh Layanan Instruksional, Layanan Bantuan serta Layanan Administrai Guru Ekonomi Akuntansi Bersetifikat Pendidik Terhadap Kepuasan Siswa di SMA N 1 Jakenan Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2008/2009


David Firna Setiawan, 3301405191 (2009) Pengaruh Layanan Instruksional, Layanan Bantuan serta Layanan Administrai Guru Ekonomi Akuntansi Bersetifikat Pendidik Terhadap Kepuasan Siswa di SMA N 1 Jakenan Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Layanan Instruksional, Layanan Bantuan serta Layanan Administrai Guru Ekonomi Akuntansi Bersetifikat Pendidik Terhadap Kepuasan Siswa di SMA N 1 Jakenan Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2008/2009]
Preview
PDF (Pengaruh Layanan Instruksional, Layanan Bantuan serta Layanan Administrai Guru Ekonomi Akuntansi Bersetifikat Pendidik Terhadap Kepuasan Siswa di SMA N 1 Jakenan Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2008/2009) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepuasan adalah rasio antara harapan dan kenyataan. Peran guru profesional guna mewujudkan kepuasan siswa mencakup 3 bidang layanan yaitu layanan instruksional, layanan bantuan, dan layanan administrasi. Permasalahan yang muncul adalah, sekitar 62.7 % dari 2.2 juta guru di Indonesia merupakan guru yang belum lolos sertifikasi. Keadaan ini menyebabkan pelayanan guru terhadap siswa kurang maksimal sedangkan konsumen pendidikan terutama orang tua siswa akan selalu menuntut pelayanan yang memuaskan dari guru terhadap anak-anak mereka. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan mencari besarnya pengaruh layanan instruksional, layanan bantuan serta layanan administrasi terhadap kepuasan siswa baik secara simultan dan parsial. Sedangkan manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan pilihan bagi guru atas jenis layanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan siswa. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan jumlah responden 70 orang siswa yang mendapat pengajaran guru ekonomi akuntansi bersertifikat pendidik di SMA N 1 Jakenan kabupaten Pati. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen layanan instruksional, layanan bantuan , layanan administrasi, serta variabel dependen kepuasan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis diskriptif prosentase, analisis important performance serta analisis regresi berganda. Sedangkan untuk mengukur kualitas layanan digunakan pendekatan SERPERF (service performance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan instruksional, layanan bantuan serta layanan administrasi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan siswa sebesar 3.817. Sedangkan secara parsial, layanan bantuan berpengaruh negatif sebesar -0.142 terhadap kepuasan siswa. Layanan instruksional dan layanan administrasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dan sekolah meningkatkan kualitas layanan secara efektif dan efisien. Disamping itu, guru hendaknya melaksanakan layanan instruksional, layanan bantuan serta layanan administrasi secara seimbang agar siswa dapat merasakan kepuasan secara optimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Layanan instruksional, Layanan bantuan, Layanan administrasi, Kepuasan siswa
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 May 2011 03:35
Last Modified: 25 Apr 2015 04:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2241

Actions (login required)

View Item View Item