ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN GROBOGAN


Wulandari, 7211312022 (2015) ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211411023-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pajak Reklame merupakan salah satu sumber pendapatan Pajak Daerah Kabupaten Grobogan, namun dari berbagai macam pajak daerah pada Kabupaten Grobogan Pajak reklame adalah salah satu pajak daerah yang memiliki pendapatan yang sangat rendah. Hal ini juga diikuti penurunan pendapatan pajak reklame pada tahun 2011, 2013 dan 2014. Rendahnya dan penurunan pendapatan pajak reklame tersebut memungkinkan ada beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi yaitu sistem pemungutan pajak reklame, kurangnya pengawasan pada pajak reklame dan kurangnya upaya untuk meningkatkan pendapatan pajak reklame pada Kabupaten Grobogan. Selain faktor tersebut ketidaktauannya tentang potensi pajak reklame juga dapat mempengaruhi rendahnya pendapatan pajak reklame. Tujuan penelitian untuk mengetahui potensi pajak reklame, kontribusi pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah, sistem pemungutan pajak reklame, upaya peningkatan pajak reklame, pengawasan pajak reklame dan efektivitas pajak reklame. Lokasi kajian dalam penelitian ini adalah DPPKAD Kabupaten Grobogan yang terletak pada Jl. Mayjend. S. Parman No. 23, Purwodadi. Metode pengumpulan data menggunakan tinjauan pustaka, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis diskritip kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) potensi pajak reklame tahun 2010 lebih rendah dari realisasi pajak reklame dan pada tahun 2011-2014 lebih besar dari realisasi pajak reklame. (2) Pajak reklame pada tahun 2010-2014 memberikan kontribusi rata-rata sekitar 0,64% terhadap pajak daerah dan kontribusi Pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah pada tahun 2010-2014 rata-rata sebesar 0,15%. (3) Sistem pemungutan pajak reklame pada Kabupaten Grobogan yaitu menggunaka sistem official assessment. (4) pengawasan terhadap pajak reklame dan upaya peningkatan pendapatan pajak reklame yang dilakukan DPPKAD Kabupaten Grobogan sudah cukup baik. (5) efektivitas pajak reklame berdasarkan potensinya pada tahun 2010-2014 rata-ratanya sebesar 86% dan tergolong dalam kreteria cukup efektif.dan rata-rata efektivitas pajak reklame berdasarkan realisasi dan targetnya pada tahun 2010-2014 sebesar 99% dan tergolong dalam kreteria efektif. Simpulan yang dapat diambil dari penelitiana ini adalah (1) Menurnunnya target, realisasi maupun potensi pajak reklame dan tidak tercapainya target pajak reklame yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten Grobogan, hal tersebut dipengaruhi dengan belum adanya upaya yang terstruktur dan sistematis pendataan objek dan wajib pajak serta belum dlikakukan secara intenif sosialisasi pajak reklame terhadap masyarakat tentang arti penting tentang pajak reklame. (2) Kontribusi pajak reklame terhadap pendapattan asli daerah pada tahun 2010-2014 masih sangat rendah dang kontribusi sebesar 0,15%. (3) Pengawasan terhadap pajak reklame yang dilakukan DPPKAD Kabupaten Grobogan sudah cukup baik. (4) Tingkat efektivitas pemungutan pajak reeklame berdasarkan potensi pada tahun 2010 – 2014 setiap tahunnya tidak setabil Sedangkan efektivitas berdasarkan realisasi dan target pada lima tahun terakhir tergolong efektif. Diharapkan Pemerintah Kabupaten Grobogan tidak hanya melakukan pengawasan terhadap pajak reklame namun juga memberikan sanksi yang tegas terhadap wajib pajak yang melanggar tatatertib pajak reklame, DPPKAD Kabupaten Groboga juga diharapkan membuat upaya yang terstruktur dan sistematis pendataan objek dan wajib pajak serta melakukan sosilaisasi secara intenif terhadap masyarakat tentang arti penting tentang pajak reklame, Pemerintah Daerah Kabupaten Grobogan diharapkan meningkatkan target pajak reklame agar kinerja untuk meningkatkan pendapata pajak reklame mengalami peningkatan. Hal ini agar pendapatan pajak reklame mengalmi peningkatan dan mampu meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Grobogan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 21:55
Last Modified: 13 Nov 2015 21:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22331

Actions (login required)

View Item View Item