ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN


Tuti Haryati, 4101411066 (2015) ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411066-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Siswa SMP Negeri 2 Wonosobo mengalami penurunan sekitar 6% hingga 14% terhadap penguasaan materi PLSV dan PtLSV berdasarkan data BSNP tahun 2012 dan 2013, sehingga diperlukan analisis kesalahan hasil pekerjaan siswa untuk me-ngetahui kesalahan siswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wonosobo dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah berdasarkan prosedur Newman dan penyebabnya. Prosedur Newman merupakan metode diagnostik untuk mengidentifikasi kategori kesalahan terhadap jawaban dari sebuah tes uraian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian diambil 6 orang dari 32 siswa kelas VII E, masing-masing terdiri dari 2 siswa dari kelompok atas, sedang, bawah. Uji keabsahan data, dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian pada kategori kelompok atas mengalami kesalahan transformasi (T), keterampilan proses (P), dan penulisan (E); subjek penelitian pada kategori kelompok sedang mengalami kesalahan transformasi (T), penulisan (E), dan kecerobohan (X); serta subjek penelitian pada kategori kelompok bawah mengalami kesalahan memahami (C) dan transformasi (T) pada nomor soal yang berbeda. Penyebab comprehension errors (C), meliputi siswa. Penyebab transformation errors (T), meliputi kesalahan dalam merencanakan solusi dan tidak tepat memanipulasi aljabar dari soal. Penyebab process skill errors (P) meliputi kesalahan dalam menerapkan prosedur yang direncanakan dan kesalahan dalam melakukan operasi aljabar. Penyebab encoding errors (E), meliputi tidak membuat kesimpulan, tidak tepat menentukan hasil akhir penyelesaian, dan tidak mengecek kembali hasil pekerjaan. Selain itu, penyebab kesalahan tipe X adalah karena tergesa-gesa sehingga siswa tersebut tidak sengaja melakukan kesalahannya, dan siswa tersebut dapat memperbaiki kesalahannya sebelum mendapatkan bimbingan. Saran penelitian ini adalah penggunaan kalimat yang lebih sederhana pada tes pemecahan masalah dapat mengurangi siswa yang tidak memahami kalimat soal dengan baik, siswa perlu mendapatkan latihan soal-soal pemecahan masalah dan tes pemecahan masalah yang lebih variatif sesuai dengan kehidupan sehari- hari sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, dan penggunaan tes pemecahan masalah mengurangi siswa menyontek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesalahan siswa, prosedur Newman, soal cerita.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 21:47
Last Modified: 13 Nov 2015 21:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22328

Actions (login required)

View Item View Item