PERAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MEMEDIASI PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAPHASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI(Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS MadrasahAliyahNegeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015)


Lailatur Rizqi, 7101411385 (2015) PERAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MEMEDIASI PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAPHASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI(Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS MadrasahAliyahNegeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411385-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di MAN 1 Semarang, diketahui sebagian besar siswa belum mencapai standar ketuntasan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah pengaruh kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi baik secara simultan maupun parsial. selanjutnya adakah pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru, fasilitas belajar, melalui motivasi belajar sebagai variabel mediasi terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 102 siswa, namun yang masuk ketika penelitian hanya 88 siswa. Sehingga populasi disaat penelitian berjumlah 88 siswa, dan sampel penelitian ini adalah seluruh populasi yang berjumlah 88 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan metode analisis data adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 47%, secara parsial kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar ekonomi berpengaruh sebesar 25%, fasilitas belajar berpengaruh 84% terhadap hasil belajar, dan motivasi belajar berpengaruh sebesar 29% terhadap hasil belajar ekonomi. Kemudian, secara tidak langsung kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel mediasi berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 13% dan 17% . Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru, fasilitas belajar, serta motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi baik langsung maupun tidak langsung. Saran yang diberikan, hendaknya siswa lebih meningkatkan lagi motivasi belajar. Bagi guru hendaknya lebih meningkatkan lagi kemampuan dalam mengelola pembelajaran terutama kemampuan guru dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 22:00
Last Modified: 13 Nov 2015 22:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22321

Actions (login required)

View Item View Item