OPTIMALISASI PARAMETER REGRESI RESPONSE SURFACE METHODOLOGY DALAM LABA USAHA PEDAGANG BUAH DAN APLIKASINYA MENGGUNAKAN MATLAB


Nurul Fitria, 4111411022 (2015) OPTIMALISASI PARAMETER REGRESI RESPONSE SURFACE METHODOLOGY DALAM LABA USAHA PEDAGANG BUAH DAN APLIKASINYA MENGGUNAKAN MATLAB. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4111411022-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode permukaan respon digunakan untuk menganalisis permasalahan optimalisasi tentang beberapa variabel bebas yang mempengaruhi variabel respon yang bertujuan untuk mengoptimumkan suatu respon. Kelebihan metode permukaan respon adalah respon dapat diperluas dengan menentukan titik-titik penyebab respon optimum baru. Kasus pengoptimalan laba usaha pedagang buah adalah kasus yang cocok diselesaikan dengan menggunakan metode permukaan respon. Permasalahan yang akan dikaji adalah Bagaimana pemrograman matlab untuk permukaan respon optimal pada laba usaha dagang? Bagaimana model regresi permukaan respon optimal pada laba usaha dagang? Dan bagaimana titik optimum modal usaha, biaya tenaga kerja dan lama usaha yang menghasilkan laba usaha dagang yang maksimal? Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Variabel yang digunakan adalah variabel laba dari penjualan buah sebagai variabel respon, yang dipengaruhi oleh modal usaha, biaya tenaga kerja, dan lamanya usaha dagang sebagai variabel bebas. Prosedur metode permukaan respon adalah lakukan pengkodean dan uji ANOVA pada ordo satu. Setelah itu diperoleh variabel baru pada dakian tercuram (steepest ascent) lalu dilanjutkan dengan pengujian ANOVA ordo dua dan diperoleh hasil respon optimum. Dari hasil analisis diketahui bahwa model regresi permukaan respon optimal pada laba usaha dagang adalah ̂ dan titik optimum modal usaha, biaya tenaga kerja, dan lama usaha yang menghasilkan laba usaha dagang yang maksimal adalah dan untuk modal usaha ( ), untuk biaya tenaga kerja ( ), dan untuk lama usaha ( ) dengan laba optimalnya sebesar Dalam metode permukaan respon menghasilkan respon optimal pada daerah baru rancangan ordo dua dengan menggunakan metode steepest ascent yang tidak terdapat dalam analisis regresi. Kelemahan dari metode permukaan respon adalah harus diketahui terlebih dahulu variabel bebas yang digunakan mempengaruhi secara signifikan(kurang dari ) terhadap variabel respon.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode permukaan respon, steepest ascent, model, lack of fit
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 20:24
Last Modified: 13 Nov 2015 20:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22301

Actions (login required)

View Item View Item